Mahar pernikahan paling sederhana dalam islam




InfoIslam | Mahar Pernikahan, mahar merupakan salah satu syarat untuk untuk pria gar bisa menikahai seorang wanita secara halal, tentu setelah mendapatkan restu dari kedua orang tua mempelai wanita maupun mempelai pria. dan yang seperti kita tau di dalam agama islam sendiri sebaik-bainya pernikahan adalah paling mudah maharnya, berikut dalam sebuah hadist di jelaskan bahwa rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"pernikahan yang paling besar adalah keberkahannya ialah yang paling mudah maharnya"HR. Ahmad

Maka dari itu janganlah kita memberatkan seseorang terhadap Mahar Nikah, jika a tidak mampu dalam memenuhinya. seperti pada orang berikut ini telah melaksanakan pernikahan dengan mahar paling sederhana di dunia di antaranya adalah :

Mahar Nikah Paling Sederhana Dalam Islam


1. Maha segelas air putih
Pernikahan ini terjadi di aceh dan begitu sederhana karena biasanya Mahar Nikah untuk seorang perempuan berupa emas ataupun seperangkat alat sholat, namun pada pernikahan ini justru menggunakan mahar dengan segelas air putih. memang pernikahan kedua mempelai tersebut memanglah tidaklah istimewa seperti pada pernikahan pada umumnya. di mana sebuah pernikahan terdapat panggung mewah dan pakaian mewah, namun di sini terlihat berbeda.

Di kala banyak orang yang memepermasalahkan tentang Mahar Nikah, namun wanita bernama rohani ini tidak demikian demi sang suami. maka ia hannya mengutamakan akat nikah tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tidak bertentangan dengan agama walaupun maharnya hannya segelas air putih, karena dia mengerti keadaan calon mempelai pria yang telah menjadi suaminya saat ini..

2. Mahar secangkir kopi
Pernikahan ini terjadi di Uni Emirat Arab di mana seorang ayah dari mempelai wanita hannya meminta secangkir kopi kepada calon pengantin pria sebagai pernikahan atau meminang anak gadisnya.

Pernikaan yang sangat murah dengan meminta Mahar Nikah segelas kopi ini, di karenakan ingin meringankan beban seorang pengantin pria, dan berita pernikahan dengan menggunakan mahar secangkir kopi ini pun menjadi viral di sosial media. alasan utama sang ayah dari mempelai penagntin wanita ini hannya ingin meringankan beban sang memepelai pengantin pria karena biaya menikah di negaranya yang cukup mahal sehingga membuat para kaum pria masih berfikir dua kali untuk menikah.

3. Mahar sepasang sandal
Sesungguhnya pernikahan dengan Mahar Nikah sederhana bukan hannya terjadi di zaman modern seperti saat ini, namun hal ini juga pernah terjadi pada zaman rosulullah saw pun juga ada pernikahan dengan mahar yang hannya sepasang sandal, hal itu terjadi kepada seorang pengantin muslimah yang berasal dari bani Fazarah

Bahkan pada saat itu rosulullah sendiri saw sendiri yang bertanya langsung kepada perempuan tersebut seperti yang sudah di jelaskan pada sebuah hadist yang di sabdakan oleh rosulullah saw mengatakan bahwa :

"apakah engkau meridhokan dirimu dan apa yang kau miliki dengan sepasang sandal?, perempuan tersebut menjawab."ya". rosulullah pun memperbolehkannya"
HR. Ibnu Majah

Nah, itulah Mahar Nikah yang paling sederhana dalam islam yang di persembahkan kepada seorang wanita yang mempunyai hati yang tulus. tentu banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari sebuah pernikahan yang menggunakan mahar yang paling sederhana tersebut.

Karena pada kenyataanya sebaik-bainya wanita adalah yang memudahkan Mahar Nikahnya, seperti yang sudah di jelaskan dalam sebuah hadist rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"di antara kebaikan wanita ialah memudahkan maharnya dan memudahkan rahimnya"
HR. Ahmad


Semoga dengan adanya informasi Mahar Nikah paling sederhana dalam islam ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, dan juga dapat menambah keimanan kita kepada allah swt. sebagai umat muslim kita harus saling membagi, jadi ada baiknya jika kita membagi atau SHARE informasi ini di media sosial kita agar dapat bermanfaat untuk orang lain. Terima Kasih.




0 Response to "Mahar pernikahan paling sederhana dalam islam"

Post a Comment