4 malikat allah mendatangi orang sakit menurut islam, benrakah?




Info Islam | mungkin bagi setiap orang tidak ada yang menginginkan sakit bahkan seperti kata pepatah, sehat itu mahal harganya. bagaimana tidak rasa sakit akan membuat tubuh kita lemah dan tak berdaya dan terpksa untuk meninggal rutinitas sehari-hari yang sering di lakukan. namu sebagai manusia kita tidak ada alasan untuk menolak, bersedih, dan mengeluh saat di berikan sakit, justru harusnya kita bersyukur karena hal itu merupakan bukti kasih sayang allah swt kepada hambanya, bahkan rasa sayang allah ini beliau mengutus empat malaikat allah untuk selalu menjaga kita dalam sakit kita.

rosulullah saw pernah bersabda yang terdapat di dalam hadist yang artinya :

"apabila seorang hamba sakit, maka allah akan mengirimkan kepadanya dua malaikat. lalu allah berfirman : "lihatlah apa yang dia ucapkan kepada para penjenguknya jika ia memuji allah dan menyanjungnya. maka malaikat itu melaporkannya kepada allah dan allah maha mengetahui, maka allah berfirman : aku berjanji untuk hambaku, jika akau mewafatkannya maka aku akan memasukannya ke dalam surga. dan jika aku menyembuhkannya, maka aku akan menggantikan daging yang lebih baik darinya, dan darah yang lebih baik darinya, dan aku akan menggugurkan dosa-dosanya."

HR. Malik

hikmah saat di beri coba'an sakit

1. sakit adalah kesempatan untuk beristirahat
karena kecenderungan manusia ketika sehat adalah memperlakukan tubuhnya seperti robot ia selalu bekerja demi mengejar kenikmatan dan kesenangan materi tampa henti, namu mereka lupa memperhatikan kesehatannya sendiri. dan dia tidak menyadari bahwa otot-otot yang ada di dalam tubuhnya memiliki keterbatasan, maka ketika seseorang jatu sakit ia memperoleh kesempatan untuk beristirahat sambil melakukan instrospeksi dan berfikir untuk memperbaiki pola hidupnya jika sudah sembuh nanti.

2. sakit merupakan pendidikan bagi diri sendiri
ketika seseorang sakit parah maka orang tersebut akan berfikir kalau sehat itu mahal harganya, karena apabila dia sakit maka dia akan melakukan apa saja dan mengeluarkan banyak uang agar sehat seperti semula.

3. sakit merupakan teguran atas kesombongan manusia
ketika saat sehat manusia kadang-kadang berfikir dialah mahluk yang paling tangguh dan paling berkuasa, dan ketika sakit menimpanya sekuat apapun manusia dan sebesar apapun kekuasaanny manusia tidak akan beranjak dari tempat tidurnya, pada saat itu ia tidak lebi hannya tulang dan darah yang di bungkus oleh kulit.

4. sakit merupakan kesempatan untuk memperbaiki hubungan keluarga
kerabat akan semaki dekat dengan kita, misalnya ketika seorang anak sakit orang tua akan semakin sayang dan perhatian terhadap anaknya dan sebaliknya ketika orang tua sakit maka anak akan semakin sayang dan hormat kepada orang tuanya.


para pembaca setia, demikianlah penjelsan dari kami. semoga apa yang sudah kami jelasakan dapat di ambil hikmahnya dan dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia islam, amin. terima kasih.


0 Response to "4 malikat allah mendatangi orang sakit menurut islam, benrakah?"

Post a Comment