Hukum Islam memamerkan makan di sosial media



memamerkan makanan

Info Islam - Hukum Islam memamerkan makan di sosial media, kemajuan tehnologi digital membuat siapa saja yang ingin selalu mengabadikan momen-berharganya dan mengunggah dan mempostingnya ke media sosial, bukan hannya mengunggah foto pribadinya namun menjadi fenomenal memposting foto makanan menjadi trend di masyarakat yang di kenal food fotografi, wujud dan tampilan makanan tersebutpun memang sangat menggoda namun terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa kebiasaan memposting foto makanan ini tidak baik.!, benarkah hal tersebut.?. pada kali ini kami akan memaparkannya untuk anda para pembaca setia.

bagi kita yang terobsesi ingin memposting makanan dan minuman di jejaring media sosial, mungkin harus berhati-hati karena bisa jadi kebiasaan ini adalah gejalan gangguan psikologis atau mental. menurut penelitian pada kebiasaan ini beberapa orang akan keluar rumah untuk makan di suatu tempat makan, bukan karena orang tersebut membutuhkan makanan atau lapar justru hannya untuk berinteraksi di media sosial tentang apa yang dia makan, tempat yang di kunjunginya dan kapan akan kembali pada tempat tersebut. 

gejala ini dapat menjadi gangguan kebiasaan sesorang menebahkan tanda adanya psikologis seseorang dimana masalah tersebut berupa obsesi yang tidak sehat pada makanan , hal ini di tujukan dalam sebuah studi penelitian pada tahun 2015 yang mengungkapkan bahwa seseorang yang selalu melihat foto makanan di internet akan merangsang otak untuk memakan yang berlebihan, karena hal tersebut ada restoran yang melarang pengunjungnya untuk memfoto makanan karena apabila makanan tidak langsung di nikmati akan mengurangi cita rasa makanan dan juga akan mengganggu para pengunjung restoran lainnya, lalu bagaimana islam memandang fenomena food fotagrfi ini.?

Hukum Islam

perkembangan tehnologi atau media sosial tentu menciptakan ruang tersendiri bagi penggunanya yang dapat berinteraksi dengan pengguna lain tampa harus berhadapan secara langsung, dengan memposting makanan dan tempat makan yang di kunjunginya secara tidak langsung memaksa para pengguna media sosial lainnya untuk jadi rekan media sosialnya, untuk melihat aktifitasnya dengan memamerkan foto makanan tersebut, berkait dengan fenomenan foto makan di media sosial baik itu foto makanan yang benar-benar di konsumsi atau tidak atau hannya berfoto saja sudah bukan menjadi suatu hal yang penting. bagi mereka hal yang di inginkan agar orang lain menilai aktifitasnya melalui foto-foto tersebut . hal inilah yang di takutkan jika terjadi pada setiap orang yang selalu memposting foto makan di media sosial, karena dalam sebuah riwayat yang terdapat dalam hadis shahih yang artinya :

"sesungguhnya nabi melarang untuk memakan makanan yang di masak dari dua orang yang berlomba"
hadist riwayat abu dawud

dalam hadist tersebut yang di maksud dua orang yang berlomba adalah dua orang yang berlomba dalam menjamuh tamu dengan maksuda agar mengalahkan satu sama lain, tujuannya hannyalah untuk riya' atau pamer yang ingin di puji dan di sanjung, selain itu dalam riwayat lain yang terdapat di dalam hadist shahih yang artinya :

"sesungguhnya sejelk-jelek umatku adalah suatu generasi yang tumbuh besar dalam kemewahan, mencari beraneka ragam makanan dan beraneka model pakean serta sombong berbicara "
hadist riwayat ahmad

dari dua hadist tersebut maka kita ketahui bagaimana rosulullah tidak menganjurkan umatnya untuk memamerkan makanannya, meski kita tidak ada yang melarang memposting foto makanan di media sosial bahka di islam tidak ada dalil yang jelas membahas hal tersebut, namun yang di bahsa hannya memposting makanan tersebut hannya untuk pamer atau hannay sekedar hobi memposting foto di sosial media, jika hal ini di lakukan hannya agar di perhadikan oleh orang lain maka sama halnya orang tersebut memamerkan harta dan makanan yang dimilikinya. hal inilah yang di larang bagi kita umat islam karena harta yang kita miliki hannyalah titipan swt yang harus kita jaga dan sebagian dari kita terdapat hak orang lain yang membutuhkan di sekitar kita, semoga informasi ini dapat merubah kebisaan memposting foto di media sosial.


demikian penjelasan dari kami mengenai Hukum Islam, semoga apa yang sudah kami jelaskan dapat menjadi sumber ilmu yang bermanfaat bagi kita semua amin, terima kasih


19 Responses to "Hukum Islam memamerkan makan di sosial media"

  1. Subhanallah astagfirullah hati-hati mba itu syirik khawatir memakai bantuan jin loh

    ReplyDelete
  2. pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan.
    Sampean melebihi amalan kanjeng Dimas.
    Menggunakan tumbal hewan haram, penarikan uang gaib jg haram, memperoleh uang tanpa kerja seperti itu haram. Islam macam itu, makanya kalau tanya ttg agama jgn cari ahli ibadah melulu, tpi ahli fiqih/syariat

    ReplyDelete
  3. Dunia dikejar-kejar.... mati kaga kebawa.... hidup cukup bersyukur aja.... tolongin orang miskin.... beres...

    ReplyDelete
  4. Itu kiyainya pasti udah ratusan m uangnya....??

    ReplyDelete
  5. Itu kiyainya pasti udah ratusan m uangnya....??

    ReplyDelete
  6. why komentar nyeleneh malah lebih menarik orang komentar dr pd artikel yg ad di atas nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena itu tentang aqidah brur, lebih penting daripada yang dibahas di artikel. Walaupun secara overall udah oke apa yg udah dibahas diartikel

      Delete
  7. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    ReplyDelete
  8. Semua yg di kasih alloh kita nikmati dan syukuri saja amin

    ReplyDelete
  9. Eloooooo Ajeeeee perempuan gila sama keluarga elo yg metal²...Dasaaaar lo pelaku syirik akbar.. Nauzubillaah Tsuma Nauzubillaah. .

    ReplyDelete
  10. Sempt ada yg mau beli minyk varash bisa mengobati berbgai baxk penyakit bisa hubungi saya .081391235555 manfat minyak varash bisa langsung buka geogle atau you tube

    ReplyDelete
  11. Astagfirullah. Yg haram aj dengan bangga di sebarin. Gimana lah🙃. Mau bawa duit gt buat nyogok malaikat? 🤣🤣🙄

    ReplyDelete
  12. PINJAMAN THERESA

    Kami saat ini menyediakan pinjaman untuk taruhan Asia Tengah, Amerika, dunia liar

    negara, dll. @ 2% Suku Bunga tanpa PENGENDALIAN KREDIT dari USD5000, hingga miliaran dolar selama 12-144 Bulan.

    Remunerasi Pinjaman kami dimulai dalam 3 bulan setelah penerima menerima pinjaman pada hari persetujuan dan kami menawarkan variasi

    pinjaman, termasuk:
    * Konsolidasi hutang
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pribadi
    * Kredit Pemilikan Rumah
    * Kredit Pembiayaan Mobil

    ✔. Daftar hitam bisa berlaku

    ✔. TANPA CHECK KREDIT

    ✔. Tinjauan hutang atau perintah pengadilan mungkin berlaku

    ✔.ETC dapat diterapkan.
    Pinjaman Tunai Theresa Perusahaan ini adalah a

    film pinjaman terdaftar dan resmi dan kami menawarkan pinjaman kepada semua warga yang masuk daftar hitam, TANPA PERIKSA KREDIT.

    Ajukan sekarang dengan nomor ponsel Anda, nomor ID, nama lengkap, jumlah pinjaman dan periode pinjaman ke Email

    : Theresaloancompany@gmail.com nomor kantor ++ 12817208403

    Untuk kejelasan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami atau WhatsApp (+12817208403).

    Salam Hormat,

    Ada

    Pengiklan Pinjaman (Pr),

    Pinjaman theresa 📩

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum kawan2 kalau kita pun mau punya uang haruslah kerja dengan tidak 1 profesi yg di geluti minimal 5 profesi saja lah agar tercapai ingin dapat uang lebih dari orang lain... sekian semoga bermanfaat assalamualaikum

    ReplyDelete