Hari baik melaksanakan pernikahan dalam islam




Info Islam | Hari baik untuk menikah, di dalam proses pernikahan hal yang sering menjadi pembahasan penting bagi para calon yang akan menikah adalah tanggal dan hari yang baik agar terhindar dari segala sesuatu gangguan baik pada saat prosesi pernikahan berlangsung maupun saat menjalin rumah tangga. 

para calon menikah di haruskan mencarai waktu dan tanggal yang baik untuk berlangsungnya proses pernikahan, karena saat ini masih banyak yang menyakini jika hari, tanggal, dan bulan dalam melaksanakan pernikahan sangat berpengaruh besar dalam berlangsunganya prosesi berlangsungnya rumah tangga yang akan jalani kelak, bagaimana islam memandang fenomena ini, apakah di dalam islam terdapat waktu yang baik untuk melakukan pernikahan?.

Hari baik dalam islam untuk melaksanakan pernikahan

Agama islam merupakan agam yang paling sempurna, yang mengatur semua aspek kehidupan. pernikahan menurt islam merupakan hal yang wajib di lakuakan oleh para umat islam yang sudah mampu. di dalam agama islam sendiri hari yang baik untuk menjalankan pernikahan itu tidak ada yang di jelaskan baik dalam al-qur'an maupun dalam hadist dan sunnah rosul. pada dasarnya menikah pada hari baik dan buruk dalam islam itu tidak ada, selama pernikahan tersebut tidak melanggar dan menjalankan syariat islam maka pernikahan tersebut adalah pernikahan yang baik.

kepercayaan pernikahan hari baik dan buruk untuk menikah itu sendiri muncul dari kepercayaan para suku adat, seperti pada suku jawa mempercayai bulan yang baik untuk melaksanakan pernikahan.  padahal menurut rosulullah saw mempercayai hari baik dan buruk (thiyarah) itu merupakan hal yang syirik, karena pada dasarnya hal sesuatu yang terjadi di dunia ini hannyalah atas kehendak allah swt.  seperti yang sudah di jelsakan pada sebuah hadist yang di sabdakan oleh rosulullah saw yang artinya :

"thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirk, (di ualang sebanyak 3 kali)
HR. Ahmad

rosulullah sendiri melaksanakan pernikahan dengan Aisyah rodiallahu anhu pada bulan syawal, sebagai umat nabi muhammad saw sebaiknya kita meniru jejak beliau, karen rosulullah merupakan tauladan yang sanagt baik untuk ditiru, pernikahan pada bulan syawal antara nabi muhammad dan aisyah juga di jelaskan pada sebuah hadist yang artinya :

"rosulullah saw menikahiku pada bulan syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di bulan syawal, manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain kau?, salah seorang perawi mengatakan "aisyah menyukai jikalau suami melakukan malam pertama di bulan syawal"
HR. Muslim

nah, demikian penjelasan kami mengenai hari baik untuk menikah di dalam islam, semoga dengan adanya informasi ini dapat menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat dan dapat menmbah wawasan kita tentang dunia islam, amin. terima kasih.




2 Responses to "Hari baik melaksanakan pernikahan dalam islam"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER
    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.
    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan Agustus 2019!!!
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :Zulfa (089611648377)

    ReplyDelete