Perang mu tah pasukan islam menaklukan romawi



Info Islam | Perang Mu tah, perang ini terjadi karena salah satu utusan rosulullah saw yang bernama Al-Harist bin umay yang tewas terbunuh, dia di perintahkan untuk menyampaikan surat kepada pemimpin Basra'. perang ini merupakan perang pembuka untuk menaklukan negeri-negeri nasrani. pertempuran ini terjadi pada 629 masehi yang terjadi di dekat kampung yang bernama mu'tah, di sebelah timur sungai yordan dan akara'.


Perang Mu tah ini terjadi cukup sengit di mana rosulullah saw sampai 3 kali melakukan pergantian pemimpin atau komandan pasukan perang. berikut pemimpin perang pada Perang Mu'tah :

1. Zaid bin harisah.

Beliau berasal dari kaum muhajirin, beliau memimpin pasukannya untuk bergerak ke wilayah mu'tah dan terjadilah perang yang sangat sengit antara kedua pasukan tersebut. komandan yang pertama ini terlalu fokus dengan anak panah yang di lepaskan oleh pasukan musuh sampai akhirnya beliau tewas terbunuh di jalan allah swt.

2. Ja'far bin abi thalib, (sepupu rosulullah saw).

Sepupu rosulullah ini bergerak untuk menggantikan komandan pertama yang telah tewas terbunuh dan beliau berperang hingga tangan kanannya terputus, dan beliau pun memegang bendera dengan tangan kiri dan pada akhirnya pun putus juga oleh serangan pasukan musuh.

Dalam kondisi demikian beliau masih bersemangat dan pantang mundur, beliau tetap berusaha mempertahankan bendera dengan cara memeluknya sampai akhirnya beliau gugur terbunuh di jalan allah swt dengan serangan senjata lawan.

3. Abdullah bin rawanah rodiallahu anhu.

Beliau datang untuk memimpin peperangan, namun setelah menerjang musuh ajalpun menjemput beliau di medan peperangan, dan bendera perang pun tidak ada yang memimpin.

Kemudian Salid bin arkam rodiallahu anhu mengambil bendera perang yang tidak berkomandan itu dan berteriak memanggil para sahabat rosulullah lainnya untuk memimpin kaum muslimin, maka pilihan mereka tertuju kepada Halid bin walid rodiallahu anhu.

Dengan kecerdikan dan kecermelangan dalam mengatur siasat serta strategi perang yeng tepat dan atas ijin allah swt, akhirnya pasukan kaum muslimin pun memukul telak romawi hingga mengalami kerugian yang banyak, dalam hal ini allah berfirman yang artinya :

"dan allah memelihara kaum muslimin dari peperangan"Qs. Al-Ahzab ayat : 25


Itulah kisah Perang Mu tah yang terjadi pada zama rosulullah, semoga dengan adanya kisah tersebut kita dapat mengambil pelajaran dan hikmahnya, dan dapat menambah keimanan kita kepada allah swt. amin. Terima Kasih.




0 Response to "Perang mu tah pasukan islam menaklukan romawi"

Post a Comment