Akibat kurang tidur pada anak, berbahaya pada pertumbuhan anak




Info Islam | allah swt menjadikan tidur sebagai jam istirahat bagi kita, sama seperti makan tidur merupakan kebutuhan kita sebagai manusia, namun setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda dan lamanya tidur yang di butuhkan tergantung usia masing-masing kalau begitu jangan heran kalau bayi lebih banyak tidur di bandingkan orang dewasa. kita juga pernah mendengar bahwa anak memiliki waktu 12 tidur supaya dapat tumbuh dengan sehat, dan tahukan anda rutinitas jam tidur anak setiap harinya dapat mempengaruhi otak.

penelitian yang di lakukan oleh ilmuan inggris menyimpulkan bahwa anak-anak yang mempunyai jam tidur teratur mempunyai kemampuan koknitif yang lebih tinggi di bandingkan anak-anak yang tidur tidak teratur dan lebih dari sebelas ribu anak-anak yang berusia tiga setengah tahun dan tujuh tahun di tes kemampuan membaca, matematika dan juga kemampuan spesialnya. kemudian dari tes inilah pengaruh rutinitas jam tidur berpengaruh terhadap otak sang anak dapat di buktikan.

karena pada umumnya jam tidur yang tidak teratur menandakan ketidak teraturan dalam keluarga tersebut, anak yang tidurnya hingga larut malam cenderung menonton tv terlalau lam di malam harinya di mana biasanya tayangan tv malam hari bukanlah tayangan yang sesuai untuk anak, sehingga saat bangun pagi dia kesiangan dan masih ngantuk sehingga lupa sarapan, padahal sangat penting untuk pertumbuhan dan daya fokus pada anak.

buka hannya itu, anak yang tidurnya tidak teratut juga kemungkinan besar jarang di bacakan dongeng atau cerita nabi oleh orang tua setiap malamnya, padahal kegiatan ini sangat berpengaruh pada perkembangan otaknya.

Ciri-ciri anak kurang tidur


1. jika anak tertidur saat perjalan kesekolah itu berarti anak kurang tidur.

2. rewel, sikap anak yang sensiti, dan emosional juga menjadi pertanda kalu sang anak kurang tidur.

3.kurang konsentrasi di kelas dan nilainya pun turun.

4. tidur saat pelajaran berlangsung.

Kebutuhan jam tidur anak


menurut penelitian tentang jam tidur anak, untuk anak yang berusia s hingga 3 tahun jumlah jam tidur yang di butuhkan adalah 12 sampai 14 jam setiap harinya, sedangkan untuk anak yang berusia 3 sampai 5 tahun jam tidur yang di butuhkan iyalah 11 sampai 12 jam perharinya. bila anak sudah lebih besar yaitu 5 sampai 12 tahun mereka membutuhkan jam tidur dari 10 sampai 12 jam perhari. jadi pastika anak anda cukup tidur setiap harinya dengan jam yang rutin dan teratur.

Tips agar anak tidur teratur.

1. buat jadwal jam tidur anak yang teratur

2. membacakan dongeng atau cerita yang mendidik.

3. matikan lampu dan gunakan lampu tidur.


itulah tips yang dapat di coba agar anak anda dapat tidur dengan maksimal, dan semoga penjelasan kali ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan semoga anak-anak kita menjadi anak yang selalu berbakti kepada orang tua, bangsa , dan agama, amin. terima kasih.





0 Response to "Akibat kurang tidur pada anak, berbahaya pada pertumbuhan anak"

Post a Comment