Khasiat bawang merah dan bawang putih bagi kesehatan




Info Islam | allah swt menciptakan segala sesuatunya memang tidak ada yang di ciptakan dengan sia-sia bahkan ada manfaat di balik semua ciptaannya dan salah satunya adalah bawang, bumbu masakan yang satu ini memang tidak asing bagi kita, bawang terdiri dari beberapa jenis ada bawang putih, bawang merah, bawang prei, dan juga bawang bombai. sudah banyak olahan-olahan makanan memakai jenis-jenis bawang untuk penyedap rasa dan pelengkap makanan, di indonesia sendiri bawang merah dan bawang putih sering sekali di temui kedua jenis bawang ini sangat populer dalam penggunaannya dalam masakan.

Bawang merah dan bawang putih

jika kita telusuri lebih dalam bawang merah dan bawang putih merupakan dua jenis bumbu yang sudah terkenal saat zaman nabi muhammad saw, karena allah pernah berfirman yang artinya :

"agar dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang di tumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya"

Qs. Al-Baqarah ayat : 61

di mana yang di maksud dari ayat al-qur'an tersebut adalah bawang merah dan bawang putih merupakan makanan yang di anjurkan oleh allah swt unt5uk di makan, karena khasiat yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk kesehatan, namun dalam islam kita di anjurkan untuk menyempurnakan proses pemasakannya, seperti yang terdapat pada sebuah hadist yang artinya :

"barang siapa yang memakannya (bawang merah dan bawang putih), maka hendaknya ia menyempurnakan (proses) memasaknya"

HR. Abu Dawud

bawang merah telah di kenal manusia purba ribuan tahun yang lalu untuk di gunakan beberapa kepentingan, rekaman-rekaman kisah yang di tulis mengenai bawang merah juga memenuhi tempat-tempat islam peninggalan mesir kuno seperti di atas daun lontar dan dinding gua firaun. para tabib mesir kuno menggunakan bawang merah untuk melancarkan air seni, memperbaiki gizi dan nafsu makan, pada masa itu bawang merah merupakan salah satu unsur makanan harian para pekerja bangunan agar mereka sehat dan kuat, untuk pembangunan piramid.

khasiat bawang merah

allah menyebut bawang dalam firmannya di al-qur'an karena mereka termasuk bukti bahwa mereka di berkahi oleh allah, Aisyah rodiallahu anhu pernah berkata yang terdapat dalam sebuah hadist yang artinya :

"makanan terakhir yang di santap rosulullah mengandung bawang merah di dalamnya"

HR. Abu Dawud

dari hadist di atas telah jelas di sebutkan bahwa rosulullah menyukai bawang merah dari segi memakannya, hal ini di sebabkan karena bawang merah adalahy sejenis makanan yang menyehatkan bagi tubuh dan islam memperbolehkannya .

Asal-usul bawang putih dalam al-qur'an

bawang putih merupakan salah satu hasil bumi yang sudah di jelaskan di dalam al-qur'an, mengenai asal-usul bawang putih para ahli tidak tau persis kapan bawang putih di gunakan pertama kali pada makanan, namun bukti historis lain menyebutkan bahwa bangsa sumeria telah menggunakan bawang putih sebagai obat sejak lebih dari 2600 tahun sebelum masehi . sekumpulan manuskrip tua berbahan daun lontar di tulis lebih dari seribu lima ratus tahun sebelum masehi menegaskan bahwa bangsa mesir kuno sangat mengandalkan bawang putih dalam pengobatan.

Hukum memakan bawang putih

beberapa tahun terakhir bawang putih semakain di kenal luas karena kemampuannya mengobati penyakit kangker dan jantung, hal ini juga di jelaskan pada sebuah hadist yang artinya :

"makanlah bawang putih mentah-mentah, kalaulah aku tidak berbicara dengan malaikat, pastilah aku memakannya"

dalam hadist lain juga di sebutkan tentang bawang putih yang artinya :

"wahai rosulullah, apakah engkau tidak menyukai makanan itu, sehingga engkau mengirimkannya untukku, beliau menjawab, "sesungguhnya aku kerap berbicara dengan (malaikat) yang kalian tidak bisa berbicara dengannya"

maksud dari hadist tersebut, rosulullah saw sebenarnya menyarankan mengkonsumsi bawang putih hal tersebut di buktikan dengan cara rosulullah yang menghadiahkan makanan yang mengandung bawang putih kepada seorang sahabat dan jangan sampai makanan tersebut mubazir atau sia-sia.

Khasiat bawang putih

sejumlah penelitian mengatakan bahwa putih dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, dalah hadist di sebutkan bahwa :

"makanlah bawang putih, dan gunakanlah ia sebagai obat karena ia mampu mengobati 70 macam penyakit. kalaulah malaikat tidak datang berbicara denganku pastilah aku memakannya"

HR. Abu Dawud


demikianlah pemaparan dari kami mengenai bawang putih dan bawang merah, semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua, dan dapat menambah pengetahuan kita dalam dunia islam, amin. terima kasih.





0 Response to "Khasiat bawang merah dan bawang putih bagi kesehatan "

Post a Comment