berita islam - tisp setelah makan daging anjuran rosulullah




Info Islam - Tips sehat setelah makan daging menurut islam, para pembaca setia daging saat ini sudah menjadi menu andalah di seluruh dunia, setiap negara pastinya memiliki berbagai macam olahan dan masakan yang bahan dasarnya daging, baik itu daging sapi maupun daging kambing, namun di balik semua itu banyak orang yang beranggapan bahwa daging merupakan bahan dasar makanan yang dapat membawa berbagai macam penyakit seperti sakit kepala, hipertensi, kolesterol, diabetes dan lain sebagainya, karena itu banyak orang yang membatasi untuk memakan dan mengkonsumsi daging.

para pembaca setia daging memang membawa beberapa bahaya, namun hal tersebut terjadi karena pengolahan kurang tepat atau porsi mengkonsumsi daging yang berlebihan, karena pada dasarnya daging juga memiliki berbagai manfaat, di antaranya adalah :

Tips sehat setelah makan daging


1. mengandung protein yang tinggi
daging mengandung protein yang dapat membangun jaringan pada tubuh dan menjadi anti bodi bagi tubuh secara alami yang dapat bekerja dengan baik.

2. mengandung asam amino
asam amino yang terkandung dalam daging merupakan yang terbaik di kelasnya.

3. mengandung zat besi
di dalam daging juga mengandung zat besi yang melimpah

4. vitamin A, B, D
daging juga mengandung vitamin A, B, D yang baik untuk tubuh.

5. mengandung lemak
di dalam daging juga terdapat lemak yang sangat baik untuk produksifitas tubuh kita.
menurut penelitian, daging kambing baik baigi orang yang bermasalah pada jantungnya, karena daging ini mengandung, protein tinggi dan kandungan lemak sehat, daging kambing juga mengandung kolesterol namun bukan kolesterol jahat, kolestrol yang terdapat di dalam daging kambing dapat menguraikan kolesterol yang terdapat di dalam darah yang menjadi penyebab darah tinggi. daging kambing sendiri telah menjadi makanan favorit setiap orang, bahkan di sebutkan dari beberapa riwayat para sahabat dalam sebuah hadist yang artinya :

"rosulullah shallallah 'alaihi wa sallam pernah di suguhi daging, bagian kaki (dari daging itu atau paha) di berikan kepada beliau. rosulullah shallallah 'alaihi wa sallam menyukainya, maka beliau menggigit daging itu."
hadist riwayat bukhari dan muslim

dan di salah satu riwayat yang lainnya rosulullah shallallah 'alaihi wa sallam pernah bersabda yang artinya :

"peliharalah oleh kalian kambing karena di dalam nya terdapat barokah."
hadist riwayat ahmad

para pembaca setia memang tidak di pungkiri jika kita salah dalam mengkonsumsi daging, maka akan menyebabkan beberapa penyakit, untuk itu kami akan menjelaskan beberapa tips sehat yang di anjurkan oleh rosulullah setelah mengkonsumsi daging :

1. memilih olahan daging yang baik
cara pengolahannya adalah yang tidak terlalu banyak menambah kalori dan lemak pada olahan daging yang akan di konsumsi, jumlah kalori ini akan semakin tinggi jika daging di olah dengan cara di goreng dengan minyak yang berkalori tinggi atau juga daging yang di olah dengan santan. pilihan terbaik untuk mengolah daging adalah dengan cara mengolahnya menjadi sup, jumlah kalori yang terkandung dalam sup lebih sedikit karena di masak menggunakan air dan di padu dengan berbagai macam sayuran.

2. harus di imbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
jika kita gemar mengkonsumsi daging maka kita harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, karena sayur dan buah mengandung serat yang akan menyerap lemak berlebih pada daging.

3. memilih minuman yang tepat
setelah mengkonsumsi daging hindari minuman-minuman yang manis seperti sirup, hal ini untuk menghindari kelebihanjumlah energi atau kalori yang di konsumsi oleh tubuh, dalam hal ini di sarankan untuk meminum air putih karena dapat menetralisir tubuh.

4. tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daging
hal ini dapat menyebabkan beberapa penyakit jika terlalu banyak mengkonsumsi daging yang secara berlebihan, untuk itu hendaknya kita menjaga apa yang kita makan dan rosulullah shallallah 'alaihi wa sallam juga telah mengingatkan kita dalam hadist yang artinya :

"tidaklah anak adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. cukuplah bagi anak adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. namun jika ia harus (melebihi), hendaknya sepertiga perutnya (di isi) makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernafas."
hadist riwayat at-tarmizi


para pembaca setia, itulah beberapa tips-tips sehat setelah mengkonsumsi olahan yang berbahan daging, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita dalam dunia islam. amin, terima kasih.




0 Response to "berita islam - tisp setelah makan daging anjuran rosulullah"

Post a Comment