hari berlangsungnya hari kiamat lima puluh ribu tahun




Info Islam | sebuah peristiwa maha besar dan musibah maha dasyat yang akan terjadi pada hari kiamat kelak, dalam hal ini allah berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"maka apabila sangkakala di tiup, dan di angkatlah bumi dan gunung-gunung lalu di benturkan keduanya sekali bentur. maka pada hari itu terjadilah hari kiamat, dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit sangat lemah"

Qs. Al-Haqqoh ayat : 13-16

setelah isi bumi mati allah memerintahkan malaikat israfil untuk meniup trompet sangkakala untuk yang kedua kalinya, dengan tiupan itulah allah akan mengembalikan ruh pada jasadnya. seluruh umat manusia dan bangsa jin pun akan di bangkitkan di alam kubur dan di kumpulkan di padang masyar, begitulah gambaran proses terjadinya hari kiamat yang pasti akan terjadi kelak.selama ini banyak dari kita yang bertanya-tanya akan berlangsung berapa lamakah hari kiamat tersebut.

Lima Puluh Ribu Tahun Kiamat Akan Berlangsung

pada sebuah hadist yang menjelaskan durasi zaman pada waktu itu, rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"tidaklah seorang yang punya emas dan perak lalu tidak menunaikan hak keduanya, melaikan kelak pada hari kiamat akan di berikan padanya lempengan logam dari api neraka, lantas di celupkan ke dalam nerakan jahannam selanjutnya di gosokkan pada tulang rusuk, kening serta punggungnya, dan tiap kali menjadi dingin. dan di celupkan lagi, pada hari yang sama dengan lima puluh ribu tahun, (itu terjadi) hingga di putuskan perkara hamba, maka dirinya sudah melihat jalannya, apakah ke surga atau ke neraka"

HR. Muslim

sedangkan untuk firman allah yang terdapat dalam al-qur'an yang artinya :

"dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun"

Qs. Al-Ma'arij

yang di maksud dari hadist dan firman allah swt tersebut menurut riwayat merupakan pada hari kiamat, dan masih di perjelas dengan hadist yang juga di sabdakan oleh nabi muhammad saw yang artinya :

"pada hari kiamat kelak, manusia akan berdiri, yang ukuran setengah harinya sama dengan lima puluh ribu tahun. dan bagi orang-orang yang beriman, baginya akan di mudahkan"

HR. Ibnu Hiban

pada hari itu semua sahabat di guncangkan karena resah, para sahabatpun meminta jawaban penjelasan dari nabi muhammad saw mereka tidak bisa membayangkan bagaimana akan begitu sanggup untuk melewati hari yang begitu lamanya, yakni hingga lima puluh ribu tahun, nabi muhammad pun menenangkan hati mereka tentang adanya dispensasi dari allah swt bagi orang beriman pada hari itu. maka rosulullah saw bersabda yang artinya :

"demi jiwaku yang berada pada genggamannya, sesungguhnya hari itu di pendekkan bagi mu'min, sehingga lebih pendek dari pada sholat wajibnya sewaktu di dunia."

HR. Ahmad


demikianlah penjelasan dari kami, semoga informasi ini kita dapat menambah rasa keimanan kita tentang kehidupan akhir yang akan pasti terjadi, semoga kita di permudah oleh allah untuk melewatinya, amin. terima kasih.





0 Response to "hari berlangsungnya hari kiamat lima puluh ribu tahun"

Post a Comment