manfaat mandi pagi sebelum waktu subuh anjuran rosulullah saw




Info Islam | para pembaca setia, nabi muhammad saw pernah bersabda yang artinya :

"mukmin yang kuat adalah lebih baik dan di cintai allah dari pada mukmin yang lemah"

HR. Muslim

hadist tersebut bermaksud bahwa hannya dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan aktifitas di dunia dengan baik, dan diantara menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah mandi pagi. orang indonesia sendiri membiasakan diri dengan mandi minimal 2 kali sehari dan hal tersebut mempunyai banyak manfaat bagi yang melakukannya.

Cara mandi rosulullah saw

menurut riwayat rosulullah saw tidak pernah sakit pada sepanjang hayatnya karena rosulullah saw pandan dalam menjaga kesehatannya dan salah satu aktifitasa rutin rosulullah adalah beliau selalu menjaga makanan beliau sehari-harinya dan selalu mandi sebelum subuh, rosulullah saw sebelumnya sudah memberi contoh kepada kita ketiika melakukan mandi di pagi hari :

1. membasuh telapak kaki dengan segayung air

2. kemudian di lanjutkan kepada betis, paha, perut.

4. kemudian pundakdan masing-masing bagian tubuh.

5. setelah membasuh tubuh secara bertahap berhentiilah sejenak selama sepuluh detik,

6. kemudian kita bisa melakukan mandi dengan biasa dengan mengguyur dari bagian kepala atau pundak

pola mandi yang biasa di lakukan rosulullah tersebut membantu orientasi suhu tubuh dengan suhu air, sehingga terhindar dari terperangkapnya air, migren atau yang lebih parah pecahnya pembulu darah, pola mandi yang di lakukan oleh rosulullah tersebut baik di lakukan oleh semua umur terutama bagi seorang yang mempunyai penyakit diabetes , hipertensi, dan kolesterol.

Manfaat mandi pagi

mandi pagi dengan menggunakan air dingin akan dapat membantu menyehatkan kulit, mandi pada pagi hari bertujuan mengangkat sel kulit mati, kotoran yang menumpuk, serta minyak yang berlebih pad wajah yang muncul ketika tidur, selain membuat kulit tampak bersih dan sehat juga akan terhindar dari gangguan kulit seperti jerawat, jamur dan pau.

mandi pagi juga dapat meningkatkan sel darah puti, di mana sel darah putih dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada seseorang, sehingga tubuh selalu sehat dan tahan terhadap virus, kuma, dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan.

selain itu dengan melakukan mandi pagi juga dapat melancarkan sirkulasi darah, karena dalam waktu pagi mandi dengan menggunakan air dingin membuat aliran darah lebih lancar dan darah dapat berfungsi dengan baik dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dengan begitu tubuh akan menjadi segar dan bugar.

mandi pagi jika di lakukan secara rutin tidak hannya sekedar menyegarkan tubuh untuk memulai aktifitas tetapi juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuhsecara keseluruhan, dengan manfaat yang di dapat dengan mandi pagi isyaallah kita akan menjalani aktifitas dapat di lakukan dengan baik.


nah, para pembaca berima demikianlah pemaparan dari kami semoga dapat menjadi sumber ilmu yang bermanfaat, tidak ada salahnya jika kita membagi informasi ini kepada teman, keluarga atau para tetangga kita agar tergaja kesehatannya. terima kasih.




0 Response to "manfaat mandi pagi sebelum waktu subuh anjuran rosulullah saw"

Post a Comment