kalimat yang di larang di ucapakan ketika berdo'a



berdo'a

Info Islam - kalimat yang di larang di ucapakan ketika berdo'a, saat manusia di berikan ujian dan coba'an atau sedang membutuhkan sesuatu yang penting, seorang muslim pasti langsung memanjatkan doa kepada allah swt, tidak lain agar di berikan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada. berdoa merupakan aktifitas seorang hamba untuk meminta sesuatu pada sang pencipta , bagi umat islam berdoa biasanya di lakukakan setelah selesai sholat baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah lainnya, berdasarkan definisi doa dapat diartikan dengan arti memohon hajat kepada allah  swt.

doa juga dapat menyembuhkan segala penyakit, pada tahun 1996 penelitian di lakukan terhadap hubungan agama dengan terapi penyembuhan penyakit, dia mendapat kesimpulan bahwa terapi medis yang tidak di iringi dengan doa tidak dapat bekerja dengan maksimal, begitu juga doa yang tidak di iringi dengan terapi medis. dalam hal ini juga terdapat dalam hadis yang artinya :

"aku pernah mengalami penyakit yang hampir membunuhku, kemudian rosulullah berkata "pijatlah dengan tangan kananmu tujuh kali, dan katakanlah : aku meminta perlindungan atas kekuasaan dan kehendak allah dari segala kejahatan yang ku temui ". kemudian aku melakukannya, dan allah menghilangkan sakit yang ku alami . kemudian aku menganjurkan cara ini kepada keluargaku dan kepada orang-orang lainnya."
hadist riwayat abu dawud

tetapi berdoa tak hannya berzikir lalu meminta justru lebih dari itu dan ada adab yang mengaturnya, hal ini yang sering di lupakan oleh sebagian dari kita seperti berdoa di waktu yang mustajab stiap sepertiga malam terakhir , saat sujud, antara adzan dan ikomah dan sebagainya.

"dan tuhanmu berfirman "berdo'alah kepadaku niscaya akan ku perkenankan bagimu. sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina."
Al-qur'an surat Al-mu'min ayat 60

para pembaca ketika kita sungguh-sungguh dalam berdoa dan selalu berdoa di waktu yang mustajab tetapi doa kita belum di kabulkan juga seketika setan langsung merayu kita sehingga kita menjadi berburuk sangka kepada allah swt, sehingga berfikiran "mengapa allah tidak juga mengabulkan doa saya, apakah allah tidak sayang kepada hambanya ini?" jika sudah mempunyai fikiran seperti itu seorang muslim harus mengitropeksi diri dan ambil hikmahnya, mengapa allah belum juga mengabulkan doa kita atau bisa saja tampa kita sadari ketika berdoa kita mengucapkan kalimat yang terlarang, dalam berdoa ternyata ada kalimat terlarang yang tidak boleh di ucapkan rosulullah saw telah menjelaskan bahwa kalimat yang sering di ucapkan namun tidak boleh di ucapkan, lalu apa kalimat-kalimat terlarang tersebut.?

"ya allah jika engkau berkenan"

kalimat ini sering di ucapkan oleh sebagian umat islam saat berdoa dan terdapat di antaranya beranggapan baiknya menggunakan kalimat ketika berdoa, karena memang sepintas tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut, namun ternyata rosulullah saw lebih mengetahui kehendak allah dari pada kita, melalui rosulullah allah swt menyampaikan bahwa kalimat itu tidak di sukainya  dan umat muslim di larang mengucapkan ini ketika berdoa. mungkin sebagian kita juga pernah berdoa sperti itu sesudah sholat, karena kalimat ini seakan tidak memaksa allah dalam berdoa agar di kabulkan, namun ternyata kalimat tersebut tidak boleh di ucapkan. rosulullah saw bersabda yang artinya :

"apabila salah seorang dari kalian berdoa, hendaknya ia bersungguh-sunguh dalam memohon dan janganlah ia mengucapkan, "ya allah jika engkau berkenan maka berilah aku." karena sesungguhnya tidak ada yang memaksanya."
hadist riwayat bukhori


para pembaca ternyata ketika dalam berdoa ada adabnya, dan ada aturan yang  harus kita ketahui dan jangan sampai ketika sedang berdoa sunguh-sungguh tetapi kita mengucapkan kalimat yang tidak di sukai oleh allah, ketika memanjatkan doa sebaiknya kita harus bersungguh-sungguh dalam meminta dan jangan kita memaksa allah untuk mengabulkan doa kita, karena allah maha mengetahui apa yang tyerbaik bagi kita. semoga dengan adanya informasi ini kita jadi semakin rajin lagi sholat dan tidak salah lagi dalam memanjatkan doa, agar doa kita di kabulkan , amin. terima kasih



0 Response to "kalimat yang di larang di ucapakan ketika berdo'a"

Post a Comment