keajaiban cara makan rosulullah dengan menggunakan tiga jari




Info Islam - keajaiban cara makan rosulullah dengan menggunakan tiga jari, makan merupakan salah satu kegiatan rutin yang di lakukan oleh mahluk hidup, seperti yang telah kita ketahui tak sedikit orang yang beranggapan makan dengan menggunakan jari tangan merupakan kondisi yang ganjil dan premitif sedangakan cara makan tersebut sanagtlah banyak memiliki banyak manfaat terutama berkaitan dengan kesehatan dan juga merupakan salah satu sunnah rosulullah saw yang terdapat di dalam hadist yang artinya :

"rosulullah sallallahu 'alaihi wasallam makan dengan tiga jari, dan beliu menjilatnya sebelum mencuci tangannya"
hadist riwayat muslim

di anjurkan untuk makan dengan tiga jari yaitu jari tengah, jari telunjuk dan jari jempol . karna hal tersebut menunjukan kepribadian yang tidak rakus dan sikap yang penuh dengan tawaddu'an, ternyat makan dengan menggunakan tiga jari memiliki bebrapa keistimewaan yang sangat bermanfaat bagi manusia.

orang-orang yang memakan dengan cepat berisiko tinggi terkena penyakit diabetes tipe 2, umumnya ketika kita makan dengan garpu ataupun pisau makan akan menjadi lebih cepat di bandingkan makan dengan menggunakan tangan. selain itu ketika makan menggunakan jari tangan kita hannya dapat menyuap sepotong irisan makanan sedangkan makan menggunakan garpu kita akan bisa mengambil 5 sampai 6 potong sekaligus .

pola makan yang tidak teratur dan berlebihan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2, seperti yang telah kita ketahui rosulullah saw menganjurkan kita untuk senantiasa tidak berlebih lebihan melakukan segala sesuatu tentu juga saat makan, karena hal tersebut hannya akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kita. dalam hal ini allah berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"makan dan minumlah , dan jangan berlebih-lebihan, sesungguhnya allah tidak suka orang-orang yang berlebih-lebihan"
al-qur'an surat ar-a'raf ayat 31

makan dengan jari-jari tangan ternyata dapat meningkatkan kinerja sitim pencernaan karena sebelumnya kita terbiasa mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan seperti yang kita ketahui dengan mencuci tangan sebelum makan dapat membasmi dan menyingkirkan seluruh kuman yang terdapat pada jari tangan dan tentunya berefek positif bagi usus dan melancarkan sitem pencernaan. dalam penelitian yang di lakukan dokter carles di katakan tidak dapat menghalang-halangi kuman untuk masuk kedalam tubuh akan tetapi dapat di cegah dengan cara mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah melakukan aktifitas makan, selain itu makan dengan menggunakan terbukti lebih menyehatkan karena pada tanagn manusia terdapat enzim renase yang dapat mengikat kuman sehingga sehingga tinggkat rektifitasnya sangat rendahpada saat masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh.

menurut parra penelitian makan menggunakan tangan dapat mengirimkan sinyal ke otak berupa informasi mengenai makanan yang di konsumsi apakan makanan tersebut padat, lembut, panas atau dingin sehingga dapat mempersiapkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan tersebut.

para pembaca setia, betapa allah swt telah mengatur segala sesuatu yang terbaik bagi umatnya dan telah menciptakan tubuh kita dengan begitu sempurna dan fungsi yang tak kalah penting bagi kehidupan manusia di muka bumi ini, semoga penjelasan di atas dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan kita menjadi lebih yakin bahwa agama islam adalah agama yang sempurna, amin. terima kasih.


0 Response to "keajaiban cara makan rosulullah dengan menggunakan tiga jari"

Post a Comment