Keutamaan-Keutamaan dan bacaan Ayat Kursi




Info Islam | Surat Yasin adalah surat yang menggamarkan keagungan dan singgah sana allah swt, di dalam sebuah hadist di jelaskan bahwa keutamaan-keutamaan yang terkandung dalam ayat kursi dapat melebihi langit dan bumi, kerena yang terkandung di dalamnya adalah nama-nama allah yang agung.

Bacaan Ayat Kursi
Artinya :

Allah, tidak ada tuhan (yang berhak di sembah) melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus (mahluknya), tidak mengantuk dan tidak tidur. kepunyaannya apa yang ada di langit dan di bumi. tiada yang memberi syafa'at di sisi allah tampa izinnya?, allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu allah melainkan apa yang di di kehendakinya. kursi allah meliputi langit dan bumi. dan allah merasa berat memelihara keduanya, dan allah maha tinggi lagi maha besar.Qs. Al-Baqarah ayat : 255

Keutamaan Ayat Kursi

1. Ayat kursi merupakan ayat teragung di dalam Al-Qur'an
di dalam al-qur'an ayat kursi merupakan ayat yang paling agung, sebagaimana sabda nabi muhammad saw yang terdapat di dalam hadist yang artinya :

"rosulullah pernah bertanya kepada ubay bin ka'ab. "ayat manakah yang paling agung dalam kitabullah?, ubay menjawab "ayat kursi" maka nabi muhammad menepuk dada ubay dan kemudian berkata "wahai abu munzhir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki"
HR. Muslim

karena di dalam ayat kursi terdapat nama allah swt yang terdapat di asmaul husnah, nama paling  agung yaitu Al-Hayyu dan Al-Qoyyum.

2. Dapat di baca sebelum tidur
ayat kursi dapat menjadi bacaan dzikir kita sebelum melaksanakan tidur, agar tidur yang kita lakukan bukan hannya untuk beristirahat tetapi juga agar tidur kita mendapat pahala dari allah. dengan membaca ayat kursi sebelum tidur kita akan di jaga oleh allah swt dan di jauhi dari gangguan setan. seperti yang sudah di sabdakan oleh rosulullah saw yang artinya :

"apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah ayat kursi, niscaya allah swt akan melindungimu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi"
HR. Bukhari

untuk itu sebagai umat muslim sebaiknya sebelum tidur membaca do'a sebelum tidur dan di lanjutkan dengan membaca ayat kursi, agar tidur kita menjadi lebih barokah dengan lindungan dari allah.

3. Dapat menghantarkan pembacanya masuk surga.
dengan membaca ayat kursi juga dapat menghilangkan penghalang kita untuk masuk surga, seperti yang di sabdakan oleh nabi muhammad saw dalam sebuah hadist shahih yang artinya :

"barang siapa yang membaca ayat kursi setiap selesai sholat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga, kecuali kematian"
HR. An-Nasa'i

4. Ayat kursi keagungannya melebihi langit dan bumi.
dalam hal ini roslulullah pernah bersabda yang terdapat pada salah satu hadist yang artinya :

"tidaklah allah swt menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup sifat dan nam allah swt"
HR. At-Tirmizi

penjelasan tentang keagungan ayat kursi dalam hadist tersebut melebihi langit dan bumi, dan sebagai umat islam kita wajib untuk mengamalkannya.

nah, para pembaca setia itulah beberapa keutamaan dalam ayat kursi yang dapat kami jelaskan, dengan sumber yang terpercaya yaitu hadist rosulullah saw, semoga dengan adanya penjelasan ini kita menjadi semakin rajin mengamalkan ayat kursi agar mendapatkan keutamaannya, amin. terima kasih.





0 Response to "Keutamaan-Keutamaan dan bacaan Ayat Kursi"

Post a Comment