Riwayat nabi muhammad pada perang uhud



Info Islam | Perang Uhud, kekalahan kaum qurais pada Perang Badar yang merupakan perang pertama yang di lakukan oleh rosulullah itu masih menyimpan rasa dendam yang cukup mendalam di hati para kaum kafir qurais, sampai terjadi perang kedua yang bernama Perang Uhud.

Perang Uhud terjadi kurang lebih satu tahun lebih seminggu setelah terjadinya Perang Badar, di sebut dengan nama Perang Uhud karena para kaum kafir qurais keluar dari bukit uhud yang hendak menyerbu kaum muslimin, pasukan muslimin beragkat yang hannya sekitar 1000 orang prajurit di mana 100 di antaranya memakai baju besi dan 50 lainnya menunggang kuda.

Perang Uhud

Perang Uhud Nabi Muhammad

Seperti biasa pasukan kaum kafir qurais memiliki pasukan yang cukup kuat tapi di saat-saat genting seperti itu, ada salah satu sahabat rosulullah saw yang menghianati rosulullah saw, yaitu bernama Abdullah bin ubay di berhianat dengan membujuk kaum muslimin dengan kembali ke madinah.

Maka sepertiga pasukan dari kaum muslimin atau sekitar 300 orang akhirnya mundur, kemudian abdullah bin ubay bertanya kepada rosulullah saw kami tidak tau kenapa kami harus membunuh diri kami sendiri. setelah kemunduran 300 orang prajurit tersebut rosulullah saw kembali melakukan kerjasama dan strategi perang dengan sisa pasukannya.

Dan dengan strategi yang tepat maka di awal peperangan kaum muslimin mendapatkan kemengan telak, namun kesalahan terjadi pada pasukan pemanah di mana mereka di larang oleh rosulullah saw untuk turun dari bukit baik dari keadaan menang maupun kalah.

Tetapi mereka tidak mendengarkan perintah rosulullah saw, dan mereka jutru turun untuk membantu saudara-saudaranya, dan hal ini pun di gunakan sebagai kesempatan oleh pasukan kaum kafir qurais untuk menyerangnya sehingga kaum muslimin pun kalang-kabut dan mati shahid di medan perang sebanyak 70 orang prajurit.

Di antara prajurit yang mati tersebut juga terdapat paman rosulullah saw yang bernama Hamzah, dan dari kekalahan inilah menjadi pelajaran besar bagi kaum muslimin, bahwa tidak mentaati perintah rosululah saw adalah sebab terbesar kekalahan dari kaum muslimin.

Itulah kisah perang uhud yang pernah terjadi di masa rosulullah saw, semoga dengan adanya informasi ini kita dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari Kisah Perang Uhud ini, dan dapat menjadi orang yang lebih baik lagi, amin. Terima Kasih.





0 Response to "Riwayat nabi muhammad pada perang uhud "

Post a Comment