memanfaatkan nasi sisa untuk kesehatan lambung dan kulit




Info Islam | khasiat ajaib nasi sisa, tingkat kemiskinan dan kelaparan di dunia nampaknya sudah menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk di atasi, di seluruh bagian dunia masih saja kita dapati orang-orang yang masih mengais sisa-sisa makanan baik dari sisa makanan pesta, supermarket, restoran bahkan juga di tempat-tempat sampah. di indonesia sendiri nampaknya jumlah kemiskinan dan kelaparan masih terbilang cukup tinggi. menurut penelitian pada tahu 2015 lalu di perkirakan sebanyak 19,4 juta penduduk indonesia masih mengalami kemiskinan dan kelaparan.masih banyak masyarakat indonesia yang tidak mampu memenuhi kebutuhan sandang pangan mereka, tingkat kemiskinan dan kelaparan yang masih tinggi inipun tidak luput dari peran masyarakat luas yang masih menghambur-hamburkan makanan yang di konsumsinya.

jika kita lakukan analogi matematis andaikan setiap orang menyisakan satu butir nasi di piring setiap kali makan, dan setiap harinya orang terhitung 3 kali makan, maka setiap orang setiap hari menyisakan 3 butir nasi. jika penduduk indonesia yang berjumlah kurang lebih 250 juta jiwa maka terhitung 750 juta butir nasi yang terbuang setiap harinyadi indonesia, jika di hitung kembali ternyata dalam satu kilogram nasi itu kira-kira terisi 50 ribu putir, mak terhitung 15  ribu kilo gram atau 15 ton nasi yang terbuang setiap harinya di indonesia. padahal dengan 15 ton beras sebenarnya cukup untuk memberikan makan lebih 150 ribu orang, namun pertanyaanya berapa butir nasi yang tersisa ketika kita selesai makan, tentunya jumlahnya akan mencukupi untuk jutaan penduduk dunia yang masih di landa kemiskinan dan kelaparan.

Memanfaatkan nasi sisa

para ilmuan menyatakan untuk tidak membuang sisa makanan terutama nasi, pasalnya menurut kita sisa nasi yang sudah tidak nikmat di konsumsi lagi ini, memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. ada beberapa cara yang bisa di lakukan pada sia nasi ini seperti, merendam nasi di dalam air dan simpan di dalam baskom semalaman dan kesokan harinya nasi tersebut akan berfermentasi, kemudian panaskan nasi fermentasi ini dengan benar hannya agar tidak terasa basi dan jika mengkonsumsi nasi fermentasi ini pada pagi hari, menurut penelitian hal ini akan mengontrol produksi gas yang berlebih dalam tuh yang dapat menjadikan mag. selain di pencernaan nasi fermentasi ini di percaya jika di konsumsi 3 kali dalam seminggu akan menjaga dan membantu kesehatan kulit.

para pembaca setia, itulah mengapa islam selalu mengajarkan bagi kiat untuk tidak mubazir dalam segala hal terutama pada makanan, di dalam al-qur'an allah pernah berfirman yang artinya :

"berikan kerabat dekat, orang miskin dan ibnu sabil hak mereka. dan jangan sekali-kali bersikap tabzir, sesungguhnya orang yang bersikap tabzir adalah teman setan."
Qs. Al-Isra' :26-27

dari ayat tersebut di gambarkan kepada kita, agar kita terlebih dahulu melihat orang-orang di sekitar kita sebelum kitya melakukan hal yang berlebih-lebihan. karena bisa jadi masih banyak saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita. utuk itu tidak mubazir terhadap makanan otomatis kita dapat membantu orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan. terlebih lagi yang di anjurkan baik dari aspek maupun syariat pada dasarnya hannyalah untuk menutupi rasa lapardan menghilangkan rasa haus, dengan demikian kita dapat menegakkan tulang punggung kita untuk dapat berkatifitas lagi.

semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, dan dapat menyadarkan kita kembali untuk tidak menyia-nyiakan makanan yang telah allah swt riskikan kepada kita, amin. terima kasih.





0 Response to "memanfaatkan nasi sisa untuk kesehatan lambung dan kulit"

Post a Comment