Tipe psikologi kepribadian anak yang di sebutkan dalam al quran



Info Islam | Tipe kepribadian anak, mendoakan seorang anak untuk menjadi jati diri yang telah di idamkan para orang tua tentu sangatlah penting, namun sekarang sudah banyak para orang tua yang melupakan kewajiban tersebut kerena sebagian orang tua mengira bahwa seoarng anak hannya membutuhkan asupan gizi saja, padahal itu semua belum cukup untuk menjadikan anak menjadi lebih baik.

Pada dasarnya seoarng anak membutuhkan doa dari orang tuanya sendiri agar dia menjadi pribadi yang baik yang telah di idamkan oleh para orang tua, sesungguhnya di dalam al quran telah di sebutkan beberapa tipt-tipe anak yang perlu kita ketahui.

Tipe psikologi kepribadian anak



1. Tipe Anak Sholeh

Yaitu anak yang taat kepada allah swt, berbakti kepada kedua orang tuanya, serta hidupnya berguna bagi agama, nusa dan bangsa. sebagai orang tua tentunya sangat menginginkan mempunyai anak sholeh untuk penyenang hatinya.

Namun jika kita sebagai orang tua ingin mempunyai anak yang sholeh maka kunci utamanya adalah orang tua harus sholeh terlebih dahulu agar dapat di tiru oleh anak, karena anak sholeh juga perlu keteladanan dari orang tuanya.

2. Tipe Anak Perhiasan

Yaitu anak yang berhasil dalam meniti dunianya saja, anak ini menjadi kebanggaan orang tuanya karena telah behasil dalam meniti karirnya, entah pekerjaan ia sebagai pengusaha ataupun plitikus yang handal, kemudian ia mempunyai uang yang banyak, sehingga akan menjadi kebanggaan orang tuanya. dalam hal ini allah berfirman yang artinya :

"harta dan anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebajikan yang terus menerus adalah lebih baik pahalanya di sisi tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan"Qs. Al-Khafi ayat : 46

3. Tipe Anak Fitnah

Yaitu anak yang dapat mendatangkan fitnah bagi keluarga, misalnya sang ayah mempunyai tingkah laku yang baik tetapi sang anak tidak mencerminkan tingkah laku baik sang ayah tersebut dan selalu melakukan prilaku buruk sehingga orang-orang memandang bahwa orang tuanya tidak mendidiknya dengan benar. dan menjadi firnah bagi orang tuanya, dalam hal ini allah swt berfirman yang artinya :

"dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hannya sebagai cobaan (fitnah) dan sesungguhnya di sisi allah ada pahala yang besar"Qs. An-Anfal ayat : 28

4. Tipe Anak Sebagai Musuh

Yaitu saat anak menjadi pembangkang tidak lagi menuruti nasihat orang tua dan tidak mau mendengarkan perkataan baik dari orang-orang sekelilingnya , tidak malu lagi melakukan hal tercela dan maksiat dan mulai melupakan kewajiban beribadah kepada allah swt.
Sesungguhnya ini merupakan puncak dari kegagalan cara mendidik dan pola sauh orang tua terhadap anaknya, dalam hal ini allah berfirman yang artinya :

"hai orang-orang yang beriman!, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya allah maha pengampun lagi maha penyayang"Qs. At-Taghabun ayat 14

Itulah beberapa tipe anak yang di sebutkan di dalam al-quran, seperti apapu tipe anak yang kita miliki ia adalah lembara putih sesungguhnya orang tualah yang bertanggung jawab atas apa yang sudah di gambarkan kepada anaknya, apakah ia akan menjadi pribadi baik atau buruk itu semua bergantung kepada pendidikan orang tuanya.


Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan dan iman kita kepada allah swt, dan dapat menambah wawasan kita tentang dunia islam, amin. Terima Kasih.





0 Response to "Tipe psikologi kepribadian anak yang di sebutkan dalam al quran"

Post a Comment