keutamaan puasa asyura bisa menghapus dosa setahun




Info Islam - Puasa asyura bisa menghapus dosa setahun, sesungguhnya pada bulan muharram ada satu hari yang kenal dengan sebutan hari asyura di mana pada saat ituorang-orang jahiliah pada saat perang islam dan bangsa yahudi sangat memuliakan hari tersebut, hal ini terjadi karena pada saat hari asyura allah swt telah menyelamatkan nabi musa as dari kejaran firaun dan para tentaranya , bersukur atas karunia allah swt kepadanya nabi isa as akhirnya berpuasa pada hari tersebut, kemudian ketika berita ini terdengar oleh nabi kita sallalahu alaihi wasallam melalui orang-orang yahudi yang tinggal di madinah beliau bersabda yang artinya :

"saya lebih berhak mengikuti musa dari kalia (kaum yahudi)"
hadist riwayat bukhari

awal mula puasa asyura karena pada saat rosulullah sallallahu alaihi wasallam sampai di madinah beliau mendapati yahudi madinah berpuasa di hari yang sama diwaktu yang sama beliaupun menyampaikan sabdanya, dan pada saat itulah rosulullah saw memerintahkan kepada umatnya untuk berpuasa sehingga terjadilah puasa asyurah di antara ibadah yang di sukai dalam islam. dimana pada saat itu puasa romadon belum di wajibkan dan hal ini juga di jelaskan di sebuha hadist yang artinya :

"tatkala nabi shallallahu 'alaihi wasallam datang ke madinah beliau melihat orang-orang yahudi melakukan puasa di hari asyura. beliua rosulullah bertanya, "hari apa ini". orang-orang yahudi menjawab, "ini adalah hari baik, pada hari ini allah selamatkan bani israil dari musuhnya, maka musa 'alaihis salam berpuasa pada hari ini. nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "saya lebih berhak mengikuti musa dari kalian (kaum yahudi). maka beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan umatnya untuk melakukannya."
hadist riwayat bukhari

keutamaan puasa asyura

di masa hidupnya nabi muhammad berpuasa di hari asyura, kebiasaan ini bahkan sudah di lakukan beliau sejak belum di wajibkan puasa romadon dan terus berlangsung sampai akhir hayatnya, dan hal ini juga di jelaskan pada sebuah hadist yang artinya :

"aku tidak pernah mendapati rosulullah menjaga puasa suatu hari karena keutamaannya di bandingkan hari-hari yang lain, kecuali hari ini yaitu hari asyura dan bulan ini yaitu bulan ramadan"
hadist riwayat bhukari dan muslim

menurut hadist lain juga di jelaskan yang artinya :

"puasa yang paling utama setelah ramadan adalah (puasa) di di bulan allah muharram. dan solat yang paling utama setelah solat wajib adalah solat malam."
hadist riwayat muslim.

waktu pelaksanaan puasa asyurah

pelaksanaan puasa asyura itu sendiri menurut ulama dari kalangan assalaf berpendapat bahwa hari asyura adalah hari ke sepuluh dari di bulan muharram, namun ada satu riwayat hadist yang mengindekasikan bahwa nabi muhammad melaksanakan puasa ini pada tanggal 9 muharram sebagaimana untuk tidak menyamai dengan orang-orang yahudi dan nasrani yang pada saat itu merayakan hari asyura.


demikianlah penjelasan dari kami tentang puasa asyura, semoga apa yang sudah kami jelaskan dapat menjadi sumber ilmu yang bermanfaat bagi kita semua amin, terima kasih.


0 Response to "keutamaan puasa asyura bisa menghapus dosa setahun"

Post a Comment