Penyebab anak menjadi durhaka terhadap orang tua




Info Islam - Penyebab anak menjadi durhaka terhadap orang tua, kejadian anak yang durhaka kepda orang tua di era saat ini sudah sering terjadi, terkadang ada anak yang tumbuh dalam sebuah keluarga yang serba berkecukupan dan orang tua yang sangat menyayanginya namun pada akhirnya anak durhaka juga kepada orang tuanya tersebut padahal pada sebuah keluarga tumbuh anak durhaka kepada orang tua, setiap hari orang tua akan memikirkan nasib anaknya dan anak tidak mau tau kegelisahan orang tua. lantas apa yang menyebabkan anak menjadi durhaka kepada orang tua, berikut kami jelaskan kepada anda para pembaca setia.

Penyebab anak durhaka


Pendidikan yang buruk.

orang tua yang tidak pernah mendidik anaknya tentang ketakwaan, kebajikan, dan nilai-nilai mulia itu secara tidak langsung menuntun anaknya membangka dan durhaka kepada orang tuanya, pendidikan yang di lakukan oleh orang tua dalam sehari-hari akan membentuk kepribadian anak menjadi lebih baik dia akan belajar bagaimana menghargai diriny, orang tuanya ataupun orang-orang di sekitarnya. dengan menyerahkan pendidikan anak ke sekolah seakan-akan orang tua merasa pendidikan pada anaknya sudah cukup, menyekolahkan anak memang penting, menyuruh anak-anak untuk mengaji itu juga sangat penting tetapi memberikan pendidikan kepada anak di rumah adalah jauh lebih penting.dalam hal ini juga di jelaskan di dalam sebuah hadist yang artinya :

"sayangilah anak-anakmu dan berilah mereka pendidikan yang pantas"
hadist riwayat ibnu majah
Pergaulan negatif

hal ini yang kerab terjadi dan hal ini juga dapat merusak prilaku anak dan membuat mereka berani berduhaka, selain itu pengaruh yang buruk dapat meresahkan orang tua dan melemahkan pengaruh orang tua dalam pendidikan anak, sesibuk apapun orang tua sudah menjadi kewajiban untuk menjaga anak-anak dari pergaulan yang salah. orang tua dapat mempetimbangkan lingkungan anak bergaul dan dengan siapa dia bermain, hal ini karena anak-anak masih dalam masa labil sehingga mudah terbawa arus pertemanan di mana ia akan cepat sekali meniru apa yang di lakukan teman-teman sekitarnya.

Tidak adil dalam memberi kasih sayang

orang tua tidak semestinya berlaku tidak adil terhadap anak-anaknya baik dalam hal pemberian barang maupun kasih sayang perlakuan orang tua yang membeda-bedakan inilah akan memicu timbulnya pengaruh buruk pada anak. orang tua akan di panda tidak baik sehingga nanti anak yang mersa di bedakan akan berlaku buruk kepada orang tuanya di kemudian hari, berlaku adil tidak selamanya meberikan barang sama persis namun di berikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anak.

Adanya keretakan dalam rumah tangga

orang tua secara tidak langsung merupakan figur yang akan di contoh oleh anak-anak nantinya, namun apabila orang tua hannya di sibukan dengan masalah rumah tangga seperti pertikaian, hingga perceraian maka dampaknya juga akan berimbas pada psikologis anak, bahkan beberapa kasus membuktikan pertikaian yang sering terjadi dalam keluarga anak akan menjadi sasaran marahan atau kekecewaan pada pasangannya.


para pembaca setia, orang tua merupakan sosok yang paling mulia bagi seorang anak untuk itu wajib hukumnya bagi seorang nak untuk menghormati dan mentaati orang tua selama apa yang di perintahkan tidak menyalahi ajaran agama. di islam sendiri sudah di jabarkan bagaimana tata krama anak terhadap orang tuanya, dosa kecil yang kita perbuat terhadap orang tua apabila hingga menyakiti hati mereka maka hal tersebut sudah masuk dalam indekasi durhaka, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, amin. terima kasih.


0 Response to "Penyebab anak menjadi durhaka terhadap orang tua"

Post a Comment