amalan yang dapat meringankan dosa-dosa orang tua kita




Info Islam - Amalan yang meringankan dosa orang tua, anak merupakan titipan dari allah swt bagi mereka yang sudah menjadi oaranag tua, merawat dan membesarkannya merupakan suatu kewajiban yang tidak dapat di tawar lagi, dan pada akhirnya para orang tua akan di mintai pertanggung jawabanakan hal tersebut. kita pernah mendengar bahwa anak dapat membatalkan orang tua memasuki surga, lalu bagaimana sebaliknya bisakah anak menyelamtkan orang tua .

salah satu Amalan yang dapat mendatangkat rahmat yang allah swt berikan kepda orang yang beriman adalah mereka yang saling bisa memberikan kebaikan, termasuk di antar orang tua dan anak. kesalahan dan amal baik seorang orang tua memiliki dampak yang besar bagi kesholehan seorang anak dan memberikan manfaat bagi anak di dunia maupun di akhirat sebaliknya amal-amal jellek dan dosa-dosa besar yang di lakukan orang tua akan berpengaruh jellek terhadapa pendidikan seorang anak , dalam hal ini allah swt berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka "
Al-quran surat at-tahriim ayat 6

jika orang tua dan anak masih hidup di dunia sama maka akan mudah untuk mengingatkan satu sama lain, orang tua bisa berusaha mendidik dan mengajarkan anak untuk melaksanakan perintah allah atau sebaliknya anak dapat berusaha mengingatkan orang tua jika orang tuanya melakukan hal-hal yang berbuat dosa, namun akan lain ceritanya apabila orang tua sudah menghadap sang khalik terlebih dahulu, apabila ditambah kehawatiran yang muncul akan konsekoensi dari dosa-dosa yang di miliki orang tua.

dalam hubungan orang tua dan anak ada banyak cara bagi si anak untuk bisa berbakti meski orang tuanya sudah meninggal, mereka masih bisa memberikan kebaikan kepada orang tuanya  yang sudah meninggal berupa pahal dengan syarat selama merekan memiliki ikatan iman. ada seorang yang bertanya "wahai rosulullah apakah masih ada cara bagiku untuk berbakti kepada orang tuaku setelah mereka meninggal", rosulullah pun menjawab :

"ya, mensholatkan mereka, memohonkan ampunan untuk mereka, memenuhi janji mereka setelah mereka meninggal, memuliakan rekan mereka dan menyambung silaturahim yang terjalin sebeb keberadaan mereka"
hadist riwayat ahamad, abu dawud, dan ibnu majah

dalam hal ini allah swt juga berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"dan bahwasannya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah di usahakan"
Al-qur'an surat an-najm ayat 39

melihat usaha manusia yang di maksud allah swt di surat an najm ayat 39 diantaranya adalah anak yang sholeh, amalan dari anak yang sholeh masih bisa bermanfaat bagi orang tuanya walupun sudah berada di liang lahat karna anak merupakn hasil jerih payah dari orang tua yang pantas mereka nikmati. rosulullah pernah bersabda bahwa , anak sholeh yang mendoakan orang tuanya merupaka suatu perkara yang tidak akan putus amalannya.


demikian pemapan dari kami Amalan yang dapat meringankan dosa orang tua, semoga apa yang sudah kami jelaskan pada kali ini dapat menjadi sumber ilmu yang bermanfaat bagi kiata semua, amin. terima aksih.


0 Response to "amalan yang dapat meringankan dosa-dosa orang tua kita"

Post a Comment