Hikmah dan keutamaan sholat berjamaah di masjid



Keutamaan shalat berjamaah

Info Islam | Keutamaan shalat berjamaah, manusia sebagai mahluk sosial memiliki berbagai macam cara dan tradisi dalam bergaul dengan memperlakukan sesama mereka. antar suku bangsa dan suku bangsa yang lain mempunyai ciri khas tersendiri dalam bergaul. panutan kita nabi muhammad saw merupakan orang baik dalam bergaul, cara beliua bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya tak perlu di ragukan lagi, beliau tidak pernah mencela makanan apapun tak pernah memeritah pembantu siapapun dan tak pernah berlaku kasar terhadap perempuan manapun, beliau menghormati siapapun yang memiliki kelebihan. kasih sayangnya pada umatnya melebihi kasih sayang seorang orang tua terhadapa anaknya.

Keutamaan shalatberjamaah

melalui sholat berjamaah akan mengetahui keada'an sesamanya, jika ada yang sakit di jenguk, jika ada yang mninggal di antarkan jenazahnya, dan jika ada yang kesusahan cepat di bantu, dan ketika sesama muslim saling bertemu maka akan timbul rasa kecintaan sesama umat muslim, jika semua umat muslim melaksanakan sholat berjama'ah akan terujud ta'arruf. darinya akan di ketahui beberapa sahabat sehingga akan tersambung kembali silatur rahim yang hampir putus dan terkuatkan kembali yang sebelumnya telah renggang, dalam hal ini allah swt berfirman yang artinya :

"sesungguhnya allah menyukai orang-orang yang berperang di jalannya dalam barisan yang teratur, seakan-akan mereka seperti bangunan yang tersusun kokoh"

Qs. Ash Shaff ayat : 4

dari sholat berjamaah ini pula akan tercipta perasaan sama dan sederajat dan menghilangkan status sosial yang menjadi jarak antara mereka, tidak ada keistimewaan tempat bagi orang kaya pemimpin dan penguasa, orang yang miskin bisa berdampingan dengan orang yang kaya, rakyat jelata bisa berbaur dengan para penguasa, dan orang kecil bisa duduk berdampingan dengan orang besar. karena itulah rosulullah saw memerintahkan untuk menyamakan shaff atau barisan sholat.

hendaknya kita sebagai manusia melakukan itu semua secara seimbang, karena akan menjadikan ibadah-ibadah yang kita kerjakan kepada allah swt menjadi lebih sempurna, demikianlah penjelasan dari kami mengenai hikmah  sholat berjamaah semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan kita dapat mempertebal iman kita dengan melaksanakan perintah-perintah allah dan menjauhi semua larangannya, amin. terima kasih.





0 Response to "Hikmah dan keutamaan sholat berjamaah di masjid"

Post a Comment