keutamaan waktu sholat dhuha menurut hadist rosulullah saw




Info Islam | sebagai umat muslim kita pasti pernah mendengar bahkan pula sering melaksanakan sholat dhuha. sholat dhuha dalah sholat sunnah yang di lakukan seorang muslim jika masuk waktu dhuha, sebagian dari kita menyakini bahwa melaksanakan sholat dhuha dapat membuka pintu riski atau memperbanyak riski.berikut penjelasan lengkap mengenai sholat dhuha.

Waktu untuk mengerjakan sholat dhuha

waktu dhuha waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbitnya atau sekitar pukul tujuh pagi sampai 15 menit sebelum waktu dhuhur, jumlah raka'at sholat dhuha minimal 2 raka'at serta maksimal 12 raka'at dan di lakukan dua raka'at di akhiri salam. banyak di antara kita berkenyakinan bahwa sholat dhuha dapat membuka pintu riski dan memperbanyak riski, namun ternyata tidak ada satu hadist yang menyatakan demikian, justru keutamaan sholat dhuha sebagai pengganti sedekah dengan seluruh persendian manusia, dalam hal ini rosulullah pernah bersabda yang artinya :

"hendaklah masing-masing kamu bersedekah, untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. begitu pula amar ma'ruf (mengajak kepada keta'atan) dan dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. ini semua bisa di cukupi (di ganti) dengan melaksankan shalat dhuha sebanyak 2 raka'at "

HR. Muslim

padaha taukah anda bahwa persendian yang ada di tubuh kita yang di terangkan dalm hadist dan di buktikan oleh penelitian adalah berjumlah 360 persendian, berikut hadistnya :

"sesungguhnya manusia setiap keturunan adam di ciptakan dalam ke adaan memiliki 360 persendian"

HR. Muslim

maka jika manusia memiliki 360 persendian dan setiap persendian itu wajib untuk bersedekah, para sahabatpun bertanya "lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya yaa rosulullah", rosulullah saw menjawab yang terdapat di dalam hadist yang artinya :

"tanamlah bekas ludah di masjid atau singkirkan gangguan dari jalanan, namun jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukuplah melakukan sholat dhuha 2 raka'at"

HR. Ahmad

maka dari hadist tersebut di terangkan bahwa 360 persendian yang di miliki manusia memiliki kewajiban untuk bersedeka, namun hal tersebut dapat di ganti dengan melaksanakan sholat dhuha 2 raka'at. dari beberapa hadist tersebut menunjukan keutamaan yang luar biasa dan kedudukan yang mulia dari sholat dhuha. maka hal ini pula menunjukan semakin di syariatkan untuk melaksanakan sholat dhuha.

keutamaan sholat dhuha juga dapat memperoleh pahala haji dan umrah yang sempurna, dalam hal ini rosulullah saw pernah bersabda yang terdapat dalam satu hadistnya yang artinya :

"barang siapa yang melaksanakan sholat subuh secara berjama'ah, lalu ia duduk sambil berdzikir kepada allah hingga matahari terbit, kemudian dia melaksanakan sholat dhuha dua raka'at . maka ia seperti memperolehpahala haji dan umrah, beliau pun bersabda :"pahala yang sempurna, sempurna, dan sempurna."

HR. Tirmizi


para pembaca setia, demikianlah penjelasan dari kami, sungguh sholat dhuha merupakan shlat sunnah yang mulia yang banyak memiliki keutamaan, semoga dengan penjelasan tentang sholat dhuha ini kita juga dapat mengamalkannya dengan baik, amin. terima kasih.






0 Response to "keutamaan waktu sholat dhuha menurut hadist rosulullah saw"

Post a Comment