Kriteria memilih pasangan menurut islam - berita islam terbaru





Info Islam - Kriteria memilih pasangan menurut islam, para pembaca setia ketika pasangan yang kita pilih tidak sesuai dengan kriteria yang kita inginkan, apakah harus di tolak?,. membahas mengenai pasangan memang tidak ada habisnya, remaja yang sudah mempunyai rasa tertarik pada lawan jenisnya pasti sudah mempunyai kriteria masing-masing yang di inginkan, yang memiliki wajah tampan, yang kaya raya, yang berjiwa pemimpin, dan masih banyak lagi kriteia yang di idam-idamkan. sejenak waktu pasti kita akan membayang-banyangkan masa depan yang indah bersama pasangannya, memilih pasangan yang sesuai kriteria memang tidak mudah banyak hal yang perlu di pertimbangkan untuk menentukan pilihan yang tepat untuk di jadikan pendamping hidup.

Kriteria memilih pasangan menurut islam , memang memilih pasangan uran perasaan dan kriteria yang sudah di tentukan di jadikan patokan, namun bagaimana jika pasangan ternyata tidak sesuai dengan kriteria. Agama islam mengatu seluruh aspek kehidupan tidak terkecuali urusan pasangan, sebagai laki-laki harus memperhatikan empat kriteria memilih wanita  yang akan menjadi pendamping hidupnya yaitu karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. sebagaimna sabda nabi muhammad saw yang terdapat dalam hadist yang berarti :

"perempuan itu di nikahi karena empat perkara, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, lalu pilihlah perempuan yang beragama niscaya kamu bahagia."
Muttafaqun 'alaihi

keempat faktor tersebut adalah unsur ideal, kenapa seorang  perempuan di pilih untuk di jadikan pendamping hidup, namun yang terpenting dari empat faktor tersebut adalah agamanya karena wanita yang mengerti agama akan mengetahui kewajibannya sebagai seorang istri dan juga sebagai seorang ibu, karena agama juga merupakan pondasi utama dalam membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah. sebagaimana di tegaskan di kalimat terakhir hadist tersebut yaitu "lalu pilihlah perempuan yang beragama niscaya kamu bahagia".

Kriteria memilih pasangan menurut islam, sebagai wanita, tentunya juga memiliki kriteria memilih seorang lelaki yang akan menjadi pendamping hidupnya yaitu hal pertama yang harus di perhatikan dalammemilih laki-laki sebagai pasangan adalah agamanya sebagaimana firman allah swt di dalam al-qur'an yang artinya :

"dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musrik (dengan wanita yang mukmin) sebelum mereka beriman. sesunngguhnya budaka yang mukmin lebih baik dari orang musrik walaupun dia menarik di hatimu. mereka mengajak ke neraka, sedang allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-nya. dan allah menerangkanayat-ayatnya (perintah-perintahnya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran."
Al-qur'an surat al-baqoroh ayat 221

selain melihat agamanya memilih laki-laki sebagai pendamping hidup juga harus yang berilmu dan ber ahlak baik karena suami adalah seorang imam dalam rumah tangga, maka di wajibkan memilih calon suami yang agamnya baik, dengan agama dan ahlak yang baik dan juga berilmu di harapka akan menjalankan kewajiban sebagai seorang suami membingbing keluaga dan menjaga kehormatan keluarga, nabi muhammad saw bersabda yang artinya :

"jika datang melamar kepadamu orang yang engkau ridhoi agama dan ahlaknya, maka nikahkanlah dengannya, jika kamu tidak menerimanya, niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang luas"
hadist riwayat at-tirmizi

sedangakan firman allah yang di jelsakan dalam al-qur'an yang artinya :

"perempuan yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan yang keji pula, perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik,dan laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik pula."
Al-qur'an surat an-nur ayat 26

para pembaca setia, menentukan kriteria dalam memilih pasangan adalah hal yang di anjukan oleh islam, namun sebaik-baiknya kriteria adalah yang sesuai syariat islam. apabila pasangan kita tidak sesuai dengan kriteria yang kita sudah tentukan janganlah langsung menolaknya, karena apa-apa yang yang menurut kita baik belum tentu baik di mata allah swt, begitu pula sebaliknya. allah maha mengetahui ialah sebaik-baiknya pengatur dan keputusan allah tidak pernah salah. yakinlah jodoh pilihan allah tidak akan pernah salah maka cintai pasangan kita karena allah swt, menikahlah karena allah maka allah akan menimbulkan cinta sejati bagi hambanya yang saling mencintai karenanya, maha benar allah dengan segala firmannya.

demikianlah para pembaca setia, semoga penjelasan tentang Kriteria memilih pasangan menurut islam di atas akan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang islam, amin ya robbal alami. terima kasih







0 Response to "Kriteria memilih pasangan menurut islam - berita islam terbaru"

Post a Comment