tata cara berwudhu' anjuran rosulullah saw




Info Islam | tata cara berwudhu' anjuran rosulullah saw, sebagai umat muslim kita tida asing lagi dengan wudhu', karena sebelum melaksanakan sholat sebagai umat muslim harus dan di wajibkan berudhu'. manfaat dari wudhu' sendiri adalah mensucikan diri dan menghilangkan hadas kecil yang sebelumnya kita lakukan. wudhu' secara bahasa berarti bersih dan menurut istilah wudhu' adalah membersihkan hadas-hadas kecil di daerah anggota-anggota wudhu' seperti , wajah, lengan, sebagian dari kepala, telinga dan kaki.

Syarat-syarat untuk berwudhu'

1. menggunkan air mutlaq
air mutlak yaitu air yang masih belum di gunkan untuk melakukan atau belum di gunakan menghilangkan hadas sebelumnya, ini berlaku apabila air itu tidak sampai dua qullah atau sekitar 216 liter.

2. mengalirkan air kepada anggota wudhu'
dalam melakukan wudhu' air tidak boleh hannya di usap-usapkan saja melaikan mengalirkan air agar kotoran yang najis dapat di sucikan.

3. Air tetap jernih dan bersih tidak ada perubahan warna
tidak boleh menggunkan air yang sudah berubah warnanya, baunya, dan sifatnya maka tidak boleh lagi di sebut air mutlaq.

4. tidak ada penghalang.
yang di maksud tidak ada penghalang ialah, tidak ada sesuatu yang menempel pada anggota wudhu seperti cat, tinta atau bahkan tato karen dapat membuat wudhu' tidak sah.

Sunnah-sunnah saat melakukan wudhu'

wudhu' merupakan sebuah ibadah, setiap ibadah tentunya terdapat sunnah-sunnah agar ibadah tersebut dapat di perlengkap dan di sempurnakan. berikut sunnah-sunnah wudhu' yang dapat kita lakukan.
1. membaca bismillah sebelum melaksanakan wudhu'
2. mencuci kedua tangan sampai pergelangan
3. membersihkan gigi
4. berkumur
5. memasukan air kedalam hidung dan mengeluarkannya
6. menghadap kiblat
7. membaca doa sesudah wudhu'




0 Response to "tata cara berwudhu' anjuran rosulullah saw"

Post a Comment