Fenomena tangan kidal dalam pandangan islam



tangan kidal

Info Islam | Tangan kidal menurut islam, tangan merupakan karunia dari allah swt yang mana menjadi salah satu anggota dari tubuh kita, setiap hari kita menggunakan tangan untuk kegiatan sehari-hari. dan tidak heran jika tangan sangat penting sebagai aktivitas kita setiap harinya.

Tangan yaitu terbagi menjadi dua bagian yaitu tangan kanan dan tangan kiri, kedua tangan tersebut juga memiliki tugasnya masing-masing dan di dalam al quran pun juga di jelaskan demikian, yang mana tangan bagian kanan di gunakan untuk sesuatu yang baik sedangkan untuk tangan kiri juga suatu hal untuk membersihkan.

dan sebagai mana yang sudah di contohkan oleh nabi muhmmad saw yang di tegaskan dalam kisah Aisyah rodilallahu anhu yang artinya :

"nabi shallallahu alaihi wasallam suka mendahukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir, bersuci, dan dalam semua urusannya"HR. Bukhari dan Muslim

Tangan Kidal Dalam Pandangan Islam

Dalam hal ini nabi muhammad saw sudah menjelakan bahwa beliau selalu mendahulukan tangan yang kanan untuk melakukan segala sesuatu yang baik dan bermanfaat, karena tangan kanan merupakan tangan yang paling mulia di mata allah swt, namun tahukah anda bahwa tidak sedikit orang-orang yang melakukan aktivitasnya denga tangan yang kiri atau Tangan Kidal.

Pada setiap orang yang mempunyai kelainan seperti ini biasanya jarang menggunakan tangan kananya karena tangan kiriya lebih cepat merespon dari pada tangan kanannya, lalu bagaimanakah islam memandang orang memiliki kelainan tangan kidal? karena mereka susah menggunakan tangan sama seperti halnya kita menggunak tangan kiri kita.

Nabi muhammad saw makan dengan menggunkan tangan kiri tidaklah baik, kerena tangan kiri di gunakan untuk suatu hal yang kurang baik yang hannya di gunakan untuk membersihkan hal yang kotor, seperti membasuk kemaluan setelah orang muslim selesai membuang hadas kecil, mengambil benda-benda kotor dan lain sebagainya.

Tangan kiri di ciptakan bukan untuk makan dan minum, mengenai riwayat lain yang sama, nabi muhammad saw sangat marah ketika ada orang yang makan dengan menggunkan tangan kiri, seperti yang sudah di jelaskan dalam sebuah hadist yang artinya :

"makanlah dengan tangan kananmu dan makan yang ada di dekatmu"HR. Muslim

Maka dari itu orang yang mengalami kelainan dengan menggunakan tangan kiri, lebih baik melatih diri untuk menggunakan dalam hal sesuatu yang baik dan meniru apa yang sudah di contohkan oleh rosulullah saw agar kita mendapat pahala.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Pandangan Islam Tentang Tangan Kidal, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua, dan sebagai umat muslim ada baiknya jika kita saling berbagi atau SHARE informasi ini ke media sosial kita agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Terima Kasih.






0 Response to "Fenomena tangan kidal dalam pandangan islam"

Post a Comment