bahaya yang perlu di ketahui oleh seorang ibu rumah tangga di lingkungan rumah




Info Islam | seorang ibu rumah tangga tentunya mempunyai peran penting dalam halnya menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah beserta keluarganya, karena memiliki rumah sehat dan juga nyaman menjadi dambaan setiap orang yang berumah tangga demi mewujudkan rumah yang sesuai dengan keinginan, maka dari itu kita perlu menjaganya dengan ekstra hati-hati agar lingkungan dan suasana yang kita ciptakan tidak tercemar bebagai macam bakteri dan penyakit, yang tentu dapat membahayakan keluarga yang terdapat di dalamnya, namun sebenarnya apa saja bahaya di rumah yang perlu ibu rumah tangga ketahui, berikut di atarnya adalah.

Bahaya yang terdapat di lingkungan rumah

Cat pada dinding.

cat yang terdapat pada dinding merupakan bahaya pertama yang perlu para ibu ketahu, biasanya salah satu bahan yang terkandung dalam cairan cat dinding terdapat bahan kimia yang berbahaya VOC, bahan yang terkandung dalam cat ini cukup berbahaya. meskipun mungkin tingkat kandungan VOC dalam cat cukup rendah tetapi bahan ini dapat mengganggu sistem pernafasan pada manusia, mengganggu penglihatan dan juga menimbulkan efek sakit kepala pada seseorang yang terkontaminasi bahan cat ini.

apalagi ada anak kecil di dalam rumah, tentu hal ini sangat berbahaya karena pada kenyataannya anak kecil kekebalan tubuhnya masih cukup rendah sehingga lebih rentan terkena dampak dari VOC pada cat dinding.

Plastik

bahan yang mengandung plastik di setiap rumah pasti ada, untuk itu bagi para ibu wajib hukumnya untuk ekstra berhatai-hati pada bahan yang satu ini. terutama yang sering di gunakan sebagai perlengkapan si kecil seperti botol susu, karena kebayakan benda yang terbuat dari plastik mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan penyakit kangker, buka hannya pada perlengkapan si kecil bahkan mainan anak juga ada yang menggunakan bahan plastik yang di dalamnya mengandung bahan kimia berbahaya bagi anak, karena bahan kimia yang terdapat di dalam plastik dapat mempengaruhi hormon dan kerja otak sang anak.

Produk pembersih

bahan-bahan pembersih dalam rumah juga perlu di perhatikan oleh para ibu rumah tangga karena menurut penelitian yang menyatakan bahwa 99% pemaparan racun terjadi di dalam rumah, dan ternyata sumber racun tersebut banyak di temui pada produk pembersih yang biasa di gunakan di dalam rumah, untuk para ibu yang ingin menggunakan produk pembersih aman sebaiknya cek kemasan, apabila terdapat logo Go Green maka bahan tersebut aman di gunakan.

melihat dari beberapa bahaya yang perlu ibu ketahui yang terdapat di dalam rumah, tentu dapat menyadarkan kita unutk berhati-hati dalam menjaga kebersihan rumah dan barang-barang apa saja yang kita gunakan di dalamnya. karena sesungguhnya sesungguhnya kebersihan dan kesucian adalah sebagian dari iman. maka wajib bagi seorang muslim menjaga kebersihan dan kesucian tempat tinggalnya, lingkungannya, serta dirinya. sebagai mana yang sudah di jelaskan di dalam hadist yang artinya :

"Kesucian adalah sebagian dari iman"

HR. Muslim

oleh karena itu kriteria rumah yang nyaman adalah rumah yang bersih dan rumah yang mudah di bersihkan, dalam hal ini juga di jelaskan pada sebuah hadist yang artinya :

"sesungguhnya allah baik dan menyukai kebaikan, bersih menyukai kebersihan, murah hati dan senang dengan kemurahan hati, dermawan dan senang kepeda kedermawanan. karena itu bersihkanlah halaman rumahmu dan jangan meniru-niru orang-orang yahudi"

HR. Tirmizi

para pembaca, itulah beberapa penjelasan tentang bahaya yang tersembunyi yang perlu para ibu rumah tangga mengetahuinya, semoga dengan penjelsan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang kebersihan yang di anjurkan islam. amin. terima kasih.





0 Response to "bahaya yang perlu di ketahui oleh seorang ibu rumah tangga di lingkungan rumah"

Post a Comment