misteri keberadaan roh orang meninggal 40 hari menurut islam




Info Islam | kematian yang merupakan perpisahan antara ruh dan jasadnya pasti akan di alami setiap mahluknya yang hidup di dunia ini dan yang berjiwa, tidak seorangpun mampu lari dan menghindar darinya. kematian merupakan perpindahan dari alam dunia menuju alam akhirat, sebagai mana yang sudah di riwayatkan dalam hadist yang rosulullah pernah bersabda yang artinya :

"apabila engkau di ingatkan tentang surga dan neraka engkau tidak menangis akan tetapi engkau menangis akan kuburan ini", dia pun menjawab, 'sesungguhnya rosulullah saw bersabda, "sesungguhnya kuburan adalah tempat pertama dari tempat-tempat di akhirat, apabila dia selamat darinya maka keadaan setelahnya akan lebih mudah baginya. dan apabila dia tidak selamat darinya maka keadaannya akan lebih berat"

HR. Tirmizi

sebagian orang berkeyakinan bahwa ruh orang yang baru meninggal masih berada di sekitar keluarganya selama empat puluh hari, benarkah hal ini, bagaimana islam memandang hal ini?

Roh alam kubur berbeda dengan alam dunia

kematian merupakan terpisahanya jasad dengan ruh merupakan salah satu stasiun perjalanan menuju ke akhirat, di mana seluruh mahluk hidup yang berada di dunia akan berakhir dan memasuki alam yang baru yaitu alam barzah atau alam kubur, dalam hal ini allah berfirman yang artinya :

"(demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata : 'yaa tuhanku kembalikan aku (ke dunia), agar aku berbuat amal sholeh yang telah aku tinggalkan. sekali-kali tidak, sesungguhnya itu adalah perkataan yang di ucapkan saja, dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka di bangkitkan"

Qs. Al-Mu'minun : 99-100

pada ayat di atas allah menegaskan bahwa ada barzah atau dinding pemisah antara orang yang meninggal dengan kehidupan di dunia dan itu terjadi semenjak mereka meninggal dunia, selanjutnya mereka sibuk dengan masing-masing balasan yang allah berikan kepada mereka. ruh orang baik berada di tempat yang baik, dan sebaliknya ruh orang jahat berada di tempat yang jellek.
perlu di ingat bahwa orang yang meninggal dunia segala urusah duniawinya sudah terputus kecuali tiga hal :

1. do'a anak yang sholeh kepada orang tuanya yang telah wafat

2. ilmu yang bermanfaat

3. amal jariah semasa hidupnya

kepercayaan masyarakat bahwa keluarga yang meninggal sebelum 40 hari yang seperti orang bilang, sebaiknya di hindarai dan tidak di percayai karena tidak ada satu dalil dan riwayatpun yang menjelaskan tentang hal tersebut.

demikianlah penjelasan kami tentang roh orang meninggal 40 hari , semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia islam, amin. terima kasih.





0 Response to "misteri keberadaan roh orang meninggal 40 hari menurut islam"

Post a Comment