Gambaran detik-detik saat sakaratul maut dalam islam



Sakaratul maut
Ilustrasi
Info Islam | sakaratul maut, seperti setiap kematian pasti di rasakan oleh setiap mahluk hidup yang bernyawa maka sakrotul maut akan di rasakan oleh setiap merasakan perpisahannya ruh dengan jasadnya, ketika kita melihat orang yang mengalami sekarat sekilas nampak biasa-biasa saja, nampak tenang, seperti tidak ada kesakitan dan penderitaan. nampak terlihat mudah dan ringan padahal tidak demikian. allah swt telah mengabarkan kepada kita rasa sakratul maut yang akan di rasakan setiap orang nanti dalam firmannya yang artinya :

"sekali-kali jangan, apabila nafas telah mendesak sampai kerongkongan. dan di katakan kepadanya "siapakah yang dapat menyembuhkan?". dan dia yakin bahwa sesungguhnya itulah waktu perpisahan. dan bertaut betis dengan betis. dan kepala rabbmulah pada hari itu kamu di halau"

Qs. Al-Qiyamah ayat : 26-30

dalam ayat yang sudah di firmankan oleh allah tentang sakaratul maut menyebutkan bahwa bertautnya betis kiri dan betis kanan, yang menggambarkan kesengsaraan menjadi satu dan berkumpul. urusana menjadi berbahaya, penderitaan menjadi sulit sesuai dengan amal perbuatannya.

Seberapah sakitkah saat mengalami sakaratul maut?

tentunya kepedihan dan kesakitannya tidak akan di ketahui dengan pasti kecuali orang yang telah mengalami dan merasakannya, dan perlu di ingat untuk kita nanti juga akan merasakan hal itu. rasanya tak terbanyangkan begitu menyakitkan. Imam Al Ghazali menggambarkan rasa sakit sakaratul maut seperti menenggelamkan semuanya yang di tarik dari badan, di cabut tiap-tiap urat yang terdapat di badan, di tarik perlahan dari urat syaraf, dari sendi-sendi, dari ujung rambut sampai telapak kaki, sungguh menyakitkan.

dalam kondisi sekarat orang merasakan kepayahan, sakitnya sakrotul maut lebih sakit dari pada di sabed pedang, pada saat itu akal manusia benar-benar kacau balau dan tak sanggup berkata apa-apa tampa pertolongan allah swt, seluruh anggota badan menjadi lemah. jika ia mampu berterik maka ia akan berteriak sekeras mungkin dengan rasa sakit yang di deritanya, pada saat ruh di tarik dan di pisahkan dari jasad maka setiap inci penarikan ruh itu sangat luar biasa rasa sakitnya.
dan jika sudah dalam kondisi seperti ini maka ia akan di hapuskan pandangannya pada dunia dan di tutup baginya pintu taubat, dalam hal ini rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"diterima tobat seorang hamba selama sebelum sekarat"

HR. Tirmizi

sakitnya sakaratul maut juga tergantung dari tingkat keimanan seseorang ketika semasa hidup di dunia, namun allah swt memberikan kemuliaan bagi orang-orang tertentu bagi hambanya yang akan di ringankan saat mengalami proses sakrotul maut yang harus di alami semua manusia yang hidup di dunia ini, dan keringanan itu hannya akan di peroleh oleh orang yang gugur mati sahid. pad saat nyawanya di cabut orang yang mati sahit itu merasakan sakrotul maut seperti hannya di cubit saja, subhannallah.


selain itu semua orang akan mengalami kedasyatan sakitnya sakaratul maut, bahkan para nabi dan rosul yang juga merupakan mahluk allah swt yang paling muliya di antara manusia, meskipun begitu mereka juga merasakan sakitnya sakrotul maut yang menyakitkan, bahkan melebihi dari yang di alami manusia biasa, kisah dasyatnya sakrotul mau ini tentunya dapat memberikan gambaran bagi kita yang akan mengalaminya kelak, semoga dengan adanya informasi ini kita akan semakin tau dan dapat menambah keimanan kita, amin. terima kasih.





0 Response to "Gambaran detik-detik saat sakaratul maut dalam islam"

Post a Comment