Hukuman yang tidak boleh di terapkan kepada anak




Info Islam | Hukuman yang tidak boleh di terapkan kepada anak, mendidik dan membesarkan anak memang buka perkara yang mudah pada tahap tumbuh kembang anak seringkali melakukan kesalahan sebagai bagian dari proses belajar. dan sebagai orang tua adakalanya ada perasaan kesal menghampiri karena kelakuan sang buah hati, perasaan kesal ini juga dapat bercampur dengan kemarahan yang pada akhirnya para orang tua memberikan hukuman kepada anak.
orang tua menghukum anak dengan tujuan agar anak menyesal dan tidak mengulangi perbuatannya lagi, dan para orang tua berharap agar anak menjadi lebih baik, namun sebenarnya perlukah memberi hukuman kepada anak yang melakukan kesalahan. pada sebagian anak cukup dengan menampilkan muka cemberut dalam melarang dan memperbaikinya, namun hal ini tidak bisa di lakukan kepada semua anak ada juga yang tidak bisa di ingatkan dengan cara ini , melainkan harus dengan kecaman dan dan upaya menghukumnya.
namun terkadang jika orang tua tidak berhasil dengan menggunkan nasihat, tidak berhasil pula dengan kecaman orang tua kan menghukum anak dengan harapan agar anak menjadi jera, mengenai hal itu dalam islam pendidikan dengan menggunkan hukuman adalah merupakan cara yang paling akhir setelah cara-cara pendidikan yang lain tidaka berjalan, bahkan dalam metode islam di larang bagi orang tua untuk melakukan hukuman kecuali dalam keadaan sangat darurat. dan meskipun demikian terdapat hukuman yang tidak di anjurkan, seperti berikut ini.
1. Membentak dan memaki anak.
ketika dalam keadaan marah banyak para orang tua yang menanmpakan kemarahan mereka di depan anaknya dengan membentak atau memaki anak. padahal perbuatan ini tidak di benarkan di dalam islam dan juga hal ini bertentangan dengan amalan yang di ajarkan oleh rosulullah saw. ada baiknya ketika sedang marah orang tua menahan amarahnya.
2. Terlalu keras dan kasar kepada anak.
sikap ini sudah sangat jelas bertentangan dengan sifat lemah lembut yang di ajarkan oleh islam, sebagaimana sabda rosulullah saw yang artinya :
"barang siapa yang terhalang dari sikap lemah lembut, maka dia terhalang dari mendapat kebaikan"
HR. Ahmad
dengan bersikap keras dan kasar kepaa anak, justru akan membuat anak meniru apa yang di lakukan orang tuanya. mereka akan menjadi pribadi yang kasr juga terhadap orang lain.
3. Memukul anak dengan benda keras hingga membekas.
hal ini tentu saja di larang oleh rosulullah saw, karena sekeras-kerasnya hukuman hannya menggunakan rotan dan itupun tidak boleh meninggalkan cidera ataupun bekas pada kulit anak. rosulullah saw menjelaskan bahwa :
"makna dari 'pukulan' adalah 'fadhribuuhunna ghairu mubarrih', yaitu pukullah dia dengan tampa membahayakan, seperti bengkak ataupun berbekas"
HR. Muslim

nah itulah beberapa hal yang perlu orang tua mengetahui tentang hukuman yang tidak boleh di lakukan kepada anaka, semoga dengan adanya informasi ini kita lebih tau tentang cara mendidik anak dengan baik dan dapat menambah wawasan kita tentang dunia islam, amin. Terima Kasih.


0 Response to "Hukuman yang tidak boleh di terapkan kepada anak"

Post a Comment