Macam macam hukum nadzar dalam islam




Info Islam | Nadzar mungkin ada sebagian umat muslim yang melakukan hal ini, dan biasanya yang bernazar itu hendak mengejar cita-citanya. misal jika dia seorang anak SMA sedang menghadapai ujian di sekolahnya. maka dia berndzar "jika aku lulus ujian, maka aku bernadzar untuk berpuasa satu minggu penuh".

Memang tak asing bagi kita untuk melakukan Nadzar, tetapi mungkindari sebagian kita sempat terlintas fikiran bahwa apakah nadzar di wajibkan atau tidak?. lalu seperti apa melakukan nadzar yang sesuai dengan syariat islam.

Mungkin dari kita pernah melakukan Nadzar padalah diri kita belum tentu paham betul mengenai nadzar, menurut syariat islam nadzar itu adalah mewajibkan diri sendiri pada suatu perkara yang sebenarnya tidak wajib, dan perlu di ingat jika kita sudah mengucapkan dan menjanjikan nadzar maka hal itu harus kita wujudkan sesuai dengan nadzar yang kita ucapakan, seperti yang sudah di jelaskan dalam suatu riwayat yang artinya :

"allah memaafkan ummatku dari segala yang di bisikan dan di katakan di hatinya, selama belum di lakukan dan di bicarakan"
HR. Bukhari

Makna yang terkandung dari hadist tersebut adalah allah swt memaafkan umat-umatnya atas segala sesuatu yang di bisikan di dalam hatinya. dan jika hendak bernadzar pengucapannya boleh di lafazkan dan boleh di niatkan di dalam hati. karena nadzar yang terpenting adalah dari niat dan harus menunaikannya.

Macam-macam nadzar dan hukumnya.


1. Nadzar Taat

contohnya : jika aku bisa masuk ke perusahaan tersebut, maka aku bernadzar untuk rajin sholat lima waktu dan tepat pada waktunya.

apakah anda pernah berndzar seperti itu?, maka itu termasuk kedalam nadzar yang taat, dan apabila yang bernadzar itu menyatakan seperti itu maka itu bukan nadzar, karena sholat lima waktu itu merupakan kewajiban sebagai umat muslim yang harus beribadah kepada allah. dalam hal ini rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"barang siapa yang bernadzar untuk taat kepada allah, maka penuhilah nadzar tersebut"HR. Bukhari

2. Nadzar Maksiat

contohnya : jika aku lulus ujian maka aku mentraktir temanku dengan miras.

Nadzar ini sangat di larang di dalam islam dan sangat tidak di perbolehkan, orang-orang yang bernadzar seperti merupakan golongan setan, seperti yang sudah di jelaskan pada satu riwayat yang artinya :

"nadzar itu ada dua macam, jika nadzarnya adalah nadzar taat maka wajib di tunaikan, jika nadzarnya adalah nadzar maksiat karena saitan, maka tidak boleh di tunaikan dan sebagai gantinya adalah menunaikan kafaroh sumpah"HR. Al-Baihaqi


Itulah penjelasan kami tentang Nadzar dalamislam, semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pemahaman kita tentang seputar dunia islam dan dapat menambah keimanan kita. amin. Terima Kasih.




0 Response to "Macam macam hukum nadzar dalam islam"

Post a Comment