Sunnah-sunnah rosulullah sebelum tidur agar tidur mendapat pahala




Info Islam | tips agar tidur mendapat pahala, setelah melakukan aktifitas seharian yang menguras energi tentunya kita membutuhkan istirahat agar energi kita kembali pulih sehingga kita dapat beraktifitas lagi, banyak cara di lakukan untuk beristirahat yaitu salah satunya adalah tidur. meskipun begitu bukan berarti kita di haruskan untuk tidur sepanjang hari hingga melalaikan ibadah yang merupakan suatu kewajiban bagi kita, berikut ada beberapa tips-tips agar tidur yang kita lakukan tidak sia-sia dan bisa mendatangkan pahala bagi kita.

Tidur seperti apakah yang dapat mendatangkan pahala?

para pembaca, tidur merupakan suatu kenikmatan yang berikan oleh allah kepada hambanya setelah penat dan aktifitas yang di lakukan seharian, dalam hal ini allah swt berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan dia menjadikan siang untuk bangun berusaha"

Qs. Al-Furqoan ayat : 47

para ahli tafsir menyebutkan bahwa maksud dari ayat tersebut adalah beristirahat dari penatnya kerja di siang hari, kebanyakan manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar 6 sampai 8 jam perhari, padahal sejatinya rosulullah saw telah mengajarkan dan menganjurkan kita tentang istirahat atau tidur, agar tidur kita bernilai ibadah dan mendatangkan pahala. asalkan kita melakukan beberapa cara, seperti :

  • Berwudhu' sebelum tidur

rosulullah saw mempunyai kebiasaan tidur di awal waktu dan bangun di awal malam, kecuali mendapat kondisi penting seperti menerima tamu, belajar atau melayani keluarga. Aisyah rodiallahu anhu berkata yang di riwayatkan dalam sebuah hadist yang artinya :

"bahwasannya rosulullah saw tidur pada awal malam dan bangun pada penghujung malam, lalu beliau melakukan sholat"

Muttafaq 'Alaihi

selain waktu tidur yang teratur rosulullah saw juga terbisa berwudhu' sebelum tidur, berwudhu' yang di maksud adalah berwudhu' seperti biasanya saat ingin menunaikan sholat dan tidur dengan berbaring menghadap ke sebelah kanan.

  • Membaca do'a sebelum tidur

Rosululolah saw saat melaksanakan tidur beliau meletakan tangan kanannya di bawah pipi, kemudian mengucapkan :

"ya allah, peliharalah diriku dari siksamu pada hari engkau membangkitkan hamba-hambamui"

HR. Abu Dawud

dan di lanjutkan dengan membaca do'a yang artinya :

"dengan namamu ya allah, aka mati dan hidup"

HR. Bukhari, dan Muslim

  • Mengibaskan tempat tidur sebanyak 3 kali

sebelum berbaring untuk melaksanakan tidur kita di anjurkan untuk mengibas sprai atau alas tidur 3 kali , rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"apabila seorang dari kalian akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaknya mengibaskan kain tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tau apa yang ada di atasnya. di dalm sebuah riwayat di katakan 3 kali" "
Muttafaq 'Alaihi
  • Berniat sholat tahajjud sebelum melaksanakan tidur

jika kita berniat untuk melakukan sholat tahajud sesaat sebelum tidur maka kita juga dapat mendatangkan pahala bagi tidur kita, seperti yang sudah di sabdakan oleh nabi muhammad saw yang artinya :

"siapa yang mendatangi tidurnya dan berniat untuk sholat malam lalu ia tertidur sampai subuh, maka allah tetap menuliskan niatnya dan tidurnya menjadi sedekah untuknya dari allah"

HR. An-Nasai


demikianlah para pembaca setia mengenai tips-tips agar tidur kita mendapat pahala, dengan menerapkan tips tersebut semoga tidur yang kita lakukan bukan hannya untuk beristirahat, tetapi juga akan menjadikan sumber pahala bagi kita, amin. terima kasih.






0 Response to "Sunnah-sunnah rosulullah sebelum tidur agar tidur mendapat pahala"

Post a Comment