Inilah penyebab orang-orang rajin sholat tetapi masuk ke dalam neraka




Info Islam | suatu saat nanti di hari kiamat pada saat semua manusia di bangkitkan dan di hitung semua amal perbutannya, maka hal yang paling pertama di perhitungkan adalah sholatnya. dalam hal ini menunjukan betapa pentingnya ibadah yang satu ini bahkan di dalam al-qur'an terdapat banyak ayat yang memerintahkan bagi umat manusia untuk mendirikan sholat, dan hal ini juga di jelaskan pada sebuah hadist, bahwa rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"sesungguhnya pertama kali di hisab (di tanya dan di minta pertanggung jawaban dari segenap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah sholatnya. jika sholatnya baik maka beruntunglah ia, dan bilamana sholatnya rusak sungguh kerugian menimpanya"

HR - At-Tirmizi

  • Sholat tapi suka berdusta

dari hadist tersebut sudah jelas sangat penting bagi kita untuk selalu mendirikan sholat, namun di zaman moderen seperti ini sholat tapi suka berdusta. berdusta merupakan suatu dosa yang di ancam siksa yang pedih di akhirat kelak, tetapi di zaman moderen pada saat ini kebohongan sudah menjadi kebiasaan dalam masyarakat. padahal dalam sekecil apapun sebuah kebohongan akan di anggap sebagai dosa yang besar, meskipun ada orang yang rajin sholat dan beribadah namun apabila lisannya sudah berbohong,maka sholat dan ibadahnya akan sia-sia semata, karena kebohongannya itu akan menghapus amalan-amalannya. dan apabila dia mati tidak bertobat kepda allah maka ia akan masuk ke dalam neraka, dalam hal ini allah berfirman yang artinya :

"sesungguhnya yang mengada-ngadakan kebohongan, hannyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat allah dan mereka itulah orang-orang pendusta"

Qs. An-Nahl : 105

berbohong juga menunjukan salah satu ciri orang-orang yang munafik, untuk itulah mengapa kita sebagai umat islam harus menjahui perbuatan dusta karena hal itu akan menyengsarakan kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

  • Sholat tetapi minum minuman keras

hal ini sering kali jumpai di kalangan masyarakat, banyak sekali orang yang melakukan sholat tetapi ia juga suka meminum minuman keras. inilah bila seseorang yang menganggap sholat sebagai rutinitas biasa sehingga dalam melaksanakannya tidak di barengi dengan hati yang iklas, sholat adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim dan bukan sebuah rutinitas saja. rosulullah saw sendiri mengatakan bahwa setiap minuman ber alkohol atau hamer adalah induk dari segala kejahatan , bahka rosulullah elarang umatnya untuk mendekati hamer apalagi meminumnya. baik sedikit maupun banyak hamer adalah barang haram yang tidak boleh di minum orang yang beragama islam, meskipun sholatnya rajin tetapi dia juga mengkonsumsi hamer maka neraka tempat yang tepat baginya, dalam hal ini rosulullah pernah bersabda yang artinya :

"barang siapa meminum khamr, pasti allah memberi minum kepadanya dari air panas neraka jahannam"

HR. Al-bazzar

  • Sholat tetapi percaya dengan dukun

seperti yang kita ketahui dukun adalah orang yang mengaku mengetahui perkara-perkara goib dan tersembunyi, dari hadist riwayat imam muslim orang yang percaya kepada dukun maka sholatnya tidak akan di terima selama 40 hari selain itu percaya kepada dukun merupakan kategori dosa besar karena allah saja lah yang maha mengetahui segala sesuatu.
dukun adalah orang yang bersekutu dengan bangsa jin apabila kita mempercayainya maka kita akan terkena dosa sirik, untuk itu apabila ada seseorang yang sholat tetapi mempercayai dukun, benda pusaka dan sejenisnya maka ia terancam dosa yang amat besar, dalam hal ini rosulullah pernah bersabda yang artinya :

"berang siapa yang mendatangi tukang ramal atau dukun kemudian dia membenerkan apa yang di katakannya itu, maka sesungguhnya ia telah ingkar terhadap apa yang telah di turunkan kepada nabi muhammad saw"

HR. abu dawud, tirmizi,dan ibnu majah

  • Sholat tetapi suka bergunjing urusan orang lain


dalam hal ini allah berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"apakah yang memasukkan kamu kedalam saqar (neraka).?, mereka menjawab "kami dahulu orang-orang yang tidak mengerjakan sholat, dan kami pula tidak memberi makan orang miskin, dan adalah kami yang membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan kami mendustakan hari pembalasan hingga datang kepada kami kematian ". maka tidak berguna lagi bagi mereka syafa'at dari orang-orang yang memberikan  syafa'at"

Qs. Al-muddaththir : 42-48

dalam ayat tersebut sudah di jelaskan bahwa salah satu orang yang masuk neraka adalah orang-orang yang suka membicarakan keburukan orang lain, orang yang mendirikan sholat tetapi suka membicarakan kejelekan orang lain maka ia akan di tempatkan di dalam neraka. allah swt memang melarang kita untuk membicarakan aib orang lain.

  • Sholat tetapi mengabaikan anak yatim


hal ini sudah jelas di terangkan di dalam al-qur'an, maka orang yang sholat tetapi tidak mau menolong orang miskin, mengabaikan anak yatim, dan enggan menolong sesama adalah termasuk golongan orang-orang yang celaka. sehingga sekalipun di adalah orang yang ahli ibadah maka ia akan masuk kedalam nerakan karena tidak memperdulikan anak yatim.


demikianlah penjelasan dari kami tentang sholat, semoga penjelasan ini dapat menjadi renungan dan dapat menjadikan kita sebagai orang yang lebih baik, amin. terima kasih





0 Response to "Inilah penyebab orang-orang rajin sholat tetapi masuk ke dalam neraka"

Post a Comment