Kesalahan dalam membaca al-qur'an yang tidak pernah di sadari manusia




Info Islam | Penjelasan ilmiah kenapa membaca al-qur'an harus bersuara, membaca al-qur'an adalah ibadah yang agung melaluinya seseorang memperoleh hidayah , ketentraman, dan nutrisi bagi hatinya, pahala membaca al-qur'an pun terbilang cukup besar yaitu di hitung setiap huruf yang mendapat 10 kebaikan, seperti yang sudah di jelaskan pada sebuah hadist yang di sabdakan oleh nabi muhammad saw yang artinya :

"siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya suatu hasanah (kebaikan). dan satu kebaikan di lipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan. tidaklah aku membaca Aliif Laam Miim itu satu huruf, tetapi aliif itu satu huruf, Laam itu satu huruf, dan Miim itu satu huruf"

HR. At-Tirmizi

Kesalahan dalam membaca al-qur'an

agungnya membaca al-qur'an terkadang tidak di barengi dengan pengetahuan yang cukup dari pembacanya, seperti membaca al-qur'an di dalam hati tampa mengeluarkan suara, lalu bagaimana dalam islam mengenai membaca al-qur'an dalam hati, apakah akan mendapatkan pahala ?
Menggerakkan lisan dan kedua bibir.

sesungguhnya membaca al-qur'an yang benar sesuai dengan ketetapn sariat islam adalah dengan cara menggerakkan lisannya dan kedua bibirnya, walaupun hannya menghasilkan suara yang tidak nyaring atau hannya bisa di dengar oleh dirinya sendiri. karena hakikat dari membaca dan istilah adalah mengeluarkan bunyi dengan lisan sehingga orang yang diam tidak di sebut qori' atau pembaca, seperti yang sudah di sebutkan dalam hadist shohih yang artinya :

"aku bersama hambaku selama ia mengingatku dan bergerak kedua bibirnya menyebut namaku"

HR. Ibnu Majah

Membaca al-qur'an dalam hati bukanlah tilawah

sementara melihat musyaf sambil membolak baliknya tampa membacakan sesuatu, maka itu bukanlah tilawah, maka dari itu dalam membaca al-qur'an harus mengucapkan huruf-hurufnya sehingga sang pembaca mendapatkan pahala, meskipun tidak begitu hannya di dengan dirinya sendiri, dan ini merupakan pendapat mayoritas ulama'. dan hal ini juga berlaku saat membaca do'a-do'a yang terdapat di dalam sholat dan dengan melakukan gerakan lisan. dan apabila tidak menggerakkan lisannya maka tidak teramasuk dalam membaca.

Manfaat membaca al-qur'an dengan bersuara

ternyata membaca al-qur'an dengan bersuara dapat memberikan manfaat tersendiri di bidang ilmiah, menurut survei dalam penelitian yang di lakukan di amerika serikan berhasil membuktikan hannya dengan mendengarkan orang yang membaca al-qur'an baik yang mengerti bahasa arab atau tidak ternyata membuat perubahan fisualogis yang sangat besar termasuk salah satunya menyangkat berbagai macam penyakit dan dapat mengembalikan keseimbangan otak, Subhanallah.

demikianlah penjelasan dari kami, semoga apa yang sudah kami jelaskan di atas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia islam, amin. terima kasih.





0 Response to "Kesalahan dalam membaca al-qur'an yang tidak pernah di sadari manusia"

Post a Comment