Malaikat penjaga manusia dalam islam



Malaikat penjaga manusia

Info Islam - Malaikat penjaga manusia, para pembaca beriman sebagai seorang muslim kita pasti percaya bahwa di dalam diri kita terdapat malaikat yang mencatat semua perbuatan baik itu perbuatan baik maupun perbuatan buruk kita, dan catatan itulah yang menetukan kita jika kita selalu berbuat baik dan beriman di dunia maka kita akan masuk surga, tetapi sebaliknya jika kita berbuat buruk dan kezaliman maka kita akan masuk neraka. malaikat untuk mencatat amal baik terdapat di sebelah kanan dan yang di sebelah kiri adalah malaikat yang mencatan keburukan dan kezaliman kita selama hidup di dunia.

setiap manusia yang berniat melakukan kebaikan atau pada saat manusia itu melaksanakan niat baiknya, maka langsung di catat 10 pahala baginya tetapi jika manusia berniat melakukan kejahatan maka malaikat yang ada di sebelah kiri melarang malaikat di sebelah kanan mencatatnya bahkan kalaupun sudah berbuat kejahatan malaikat sebelah kiri akan di suruh menahan tintanya "jangan di tulis dahulu siapa tahu manusia itu akan bertobat sehingga catatan dalam bukunya tidak ada. dan apabila manusia tersebut hilaf dan tidak bertobat maka malaikat sebelah kiri menuliskan 1 kejahatan saja atau tidak di lipat gandakan sebagaimana amal baiknya.


Malaikat penjaga manusia

namun cerita ini tidak ada riwayat shahih yang menceritakan dan menjelaskannya, memang banyak kisah-kisah malaikat yang di akui kebenarannya oleh sebagian orang, namun kisah tersebut tidak di ketahui dari mana asalnya atau siapa yang meriwayatkannya, lalu sebenarnya siapakah malaikat yang di tugaskan oleh allah untuk mencatat perbuatan manusia dan bagaimana malaikat tersebut menjalankan tugasnya,?. berikut penjelasannya

kebanyakan orang mengetahui bahwa malaikat pencatan amal baik dan buruk adalah malaikat roqib dan malaikat 'atid, namun ternyata roqib dan 'atid bukanlah nama malaikat , namun itu menunjukan sifat malaikat tersebut. dalam hal ini allah berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatan amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. tiada satu ucapanpun yang di ucapkannya melaikan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir."
al-qur'an surat qaaf ayat 17-18


ayat tersebut menjelaskan dan menegaskan adanya malaikat yang mencatan amal yang setiap di ucapkan oleh manusia. dari sini kita dapat mengambil pelajaran bahwa di setiap perbuatan kita akan di awasi kedua malaikat yang bertugas mencatat amal baik dan amal buruk manusia, untuk itu kita harus memperbanyak amal baik dan menjauhi perbuatan buruk agar kita menjadi manusia yang selamat di dunia maupun di akhirat nanti. amin allahummah amin. terima kasih. 


0 Response to "Malaikat penjaga manusia dalam islam"

Post a Comment