Menikah dengan Janda adalah sumber rezeki.! benarkah? - info islam




Info Islam - Menikah dengan Janda adalah sumber rezeki.! benarkah , para pembaca setia pernikahan adalah fitrah manusia maka jalan yang sah untuk memenuhi kebutuhan ini adalah dengan akat nikah atau melalui jenjang pernikahan. sasaran utama dari di syariatkannya pernikahan di dalam islam di antaranya adalah untuk membentengi martabat manusia dari perbuatan kotor dan keji yang dapat merendahkan dan merusak martabat manusia yang melebur.

menikah dengan janda, Islam memandang pernikahan dan pembetukan keluarga seperti sarana efektif untuk memelihara pemuda dan pemudi dari kerusakan dan melindungi masyarakat dari kekacauan. lantas bagaimana menikah dengan seorang janda, mengenai keberkahan menikahi seorang wanita terlepas menikahi janda atau gadis allah swt menjanjikan kecukupan untuk mereka yang menikah, seperti di jelaskan pada ayat al-qur'an yang artinya :

"kawinkanlah orang yang masih lanjang di antara kalian, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari budak-budak lelaki dan budak-budak perempuan. jika mereka miskin maka allah akan memampukan mereka dengan karunia-nya"
Al-qur'an surat an-nur ayat 32

menikah dengan janda mungkin saja bukanlah hal yang aneh lagi pada zaman sekarang ini, karena telah cukup banyak masalah yang berjalan baik mereka yang cerai melalui langkah yang sah maupun tidak, atau yang tidak cerai namun di tinggalkan oleh suami tidak ada kabar berita. menikah dengan janda memang di butuhkan kesiapan ekstra tidak hannya materi namun sikap dewasa harus lebih tinggi, namun apakah benar menikahi janda merupakan sumber rezeki?, para pembaca setia berikut penjelasannya.

keutamaan menolong para janda dari abu hurairoh rosulullah saw bersabda yang artinya :

"orang yang berusaha menghidupkan para janda dan orang-orang miskin laksan orang yang berjuang di jalan allah. dia juga laksan orang beepuasa di siang hari dan menegakkan sholat di malam hari"
hadist riwayat bukhori dan muslim

termasuk dengan menolong para janda adalah dengan menikahi mereka, namun janda manakah yang di maksud, kita tau bersama bahwa anak yatim adalah anak yang di tinggal oleh ayahnya anak yang seperti inilah yang dikatakan ya'dim dan punya keutamaan untuk di tolong karena penangguh nafkahnya yaitu ayahnya sudah tiada. jika ada yang menikahi janda karena ingin menolong anaknya maka dia akan mendapat keutamaan besar menyantuni anak yatim dari nabi muhammad saw yang bersabda pada salah satu hadist yang artinya :

"kedudukanku dan orang yang menaggung anak yatim di surga bagaikan ini ( beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, namun beliau merenggangkan antara keduanya )"
hadist riwayat bukhari nomer 5304

menikah dengan janda ataukah perawan, walau memang menikahi perawan ada keutamaannya namun menikahi janda tidak boleh di pandang sebelah mata, bahkan ada pria yang membutuhkan janda di bandingkan gadis perawan, semisal seorang pria ingin mencari wanita yang lebih dewasa darinya sehingga bisa mengurus adik-adiknya, dari jabir bin abdillah dia berkata :

"aku pernah menikahi seorang wanita di masa rosulullah swa. lalu akau bertemu dengan nabi muhammad saw, beliaupu bertanya, "wahai jabir, apakah kau sudah menikah ?" lalu ia menjawab "iya sudah". " yang kau nikahi gadis ataukah janda?",tanya rosulullah saw. akupun menjawab "janda". rosulullah saw berkata "kenapa kau tidak menikahigadis saja, bukankah engkau bisa bersenag-senang dengannya?" aku pun menjawab, "wahai rosulullah, sesungguhnya aku memiliki beberapa saudara perempuan. aku kwatir jika menikah dengan perawan malah nanti dia sibuk bermain dengan saudara perempuanku. rosulullah saw bersabda "itu berarti alasanmu ingatlah, wanita itu di nikahi karena seseorang memandang agamanya, harta, dan kecantikannya. pilihan yang baik agamanya. engkau pasti menuai keberuntungan."
hadist riwayat muslim

dari hadis yang sudah di jelaskan tadi, ketika ingin menikahi janda ada baiknya kita harus melihat dari ahlaknya dan agamanya, para pembaca setia itulah penjelsan dari kami tentang menikah dengan janda semoga dapat menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat buat kita semua, amin allahumah amin. terima kasih.






0 Response to "Menikah dengan Janda adalah sumber rezeki.! benarkah? - info islam"

Post a Comment