nama anak berpengaruh terhadap kehidupannya, penjelasan islam




Info Islam | tak jarang ada beberapa pernyataan bahwa nama anak sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang sang anak, para ahli sosiologi berkata bahwa nama yang di berikan orang tua kepada anaknya akan mempengaruhi kepribadian, kemampuan anak dalam berinteraksi dengan orang lain, dan bagaimana orang menilat dari sisi nama anak tersebut. anak juga perlu mengetahui dan paham tentang arti dari namanya pemahaman yang baik dari nama mereka, akan timbul perasaan memiliki, perasaan nyaman, bangga, dan berperasaan bahwa dirinya berharga. dan di dalam lingkungan keluarga sangat penting tentunya untuk menjaga nam anak-anak mereka di sebut dan di ucapkan dengan baik pula, sebab ada kebisaan dari masarakat kita yang suka merubah nama anak dengan panggilan atau julukan, namun nama panggilan itu justru kan mengacaukan nama panggilan aslinya.
tak jarang nama anak julukan itu mengandung unsur pelecehan. di sisi lain nama yang unik dan berbeda mungkin memiliki keuntungan sendiri, namun yang demikian dapat menyebabkan masalah. 

nama yang sangat sulit di ucapkan dapat orang sulit untuk memanggilnya . sebagian orang juga beranggapan nam yang berat atau nama yang menjadi identitas anak tersebut tidak sesuai denagnnya sering kali membuat anak tersebut sering sakit-sakitan dan hal ini di kenal dengan sebuatan keberatan nama, sehingga nama dari anak tersebut harus di ganti untuk menghilangkan segala penyakit yang di deritanya, namun bagaimana islam memandang fenomena keberatan nama pada anak ini.
dalam islam fenomena dalam keberatan nama ini di golongkan sebagai kegiatan menganggap suatu hal sebagai pembawa untung dan celaka, jadi kenyakinan seperti ini menyalahi kenyakinan terhadap takdir dan ketentuan allah swt, dalam hal ini allah berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"kemudian apabila datang kepada mereka kemakmuran, merekla berkata : 'ini di sebabkan (usaha) kami. dan jika mereka di timpa kesusuahan, mereka lemparkan sebab kesialan itu kepada musa dan orang-orang yang bersamanya. ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari allah swt, akan tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengetahui"
Qs. Al-A'raf ayat :131

dari ayat ini maka telah jelas  kebaikan adalah dari allah swt dan segala kesialan yang kita dapat merupakan cobaan dan ujian dari allah swt agar kita memperbaiki diri.
namun bolehkan mengganti nama anak karena suatu hal dalam pandangan isalam, pada dasarnya mengubaha nama hukumnya boleh terutama di ganti dengan nam yang lebih baik, namun penggantian nama tersebut bukan di latar belakangi orang tersebut sakit  kerena sakit tidak ada hubungannya dengan nama melaikan hannya kehendak allah dan takdir allah.
semoga penjelsan kali ini dapat menjadikan manusia yang lebih baik dan nama-nama yang baik yang di sandangkan pada diri kita dapat mengantarkan kita untuk menjadi muslim yang lebih baik lagi, amin. terima kasih.







0 Response to "nama anak berpengaruh terhadap kehidupannya, penjelasan islam"

Post a Comment