Nama-nama neraka dan orang yang menghuninya




Info Islam | sesungguhnya dunia ini hannyalah sementara yang hannay menjadi tempat mencari pahala yang dapat menjadi bekal kita menuju kehidupan yang lebih kekal yaitu akhirat, dunia ini hannya sebagai tempat ujian bagi kita dengan permasalahan dan coba'an dari allah untuk menguji keimanan kita, dengan demikian allah akan menghitung amal perbuatan kita di dunia apakan kita sabar atau terjerumus dalam hasutan setan, kemudian allah akan menentukan tempat abadinya di akhirat kelak apakah di surga atau di neraka.

jika manusia selama hidup di dunia dapat beriman dan menjauhi larangan allah maka manusia tersebut akan di tempatkan di surga allah yang abadi dan kekal, sedangkan manusia yang tidak beriman dan terjerumus oleh hasutan dan tipu daya dunia maka manusia tersebut akan mengalami nasib buruk yaitu di tempatkan di neraka yang dasyat siksanya.

neraka juga terdapat beberapa macam yang di sesuaikan dengan perbuatan buruk manusia selama hidup di dunia, dan siksanya sungguh luar biasa dasyatnya. dan sesungguhnya manusia akan menyesal pada akhirnya karena berbuat buruk selama hidup di dunia. berikut adalah nama neraka yang wajib anda ketahui.

Nama-nama Neraka

1. Neraka Hawiyah
neraka ini merupakan neraka yang terbilang paling ringan siksanya, hal tersebut sudah di jelaskan dalam firman allah di al-qur'an yang artinya :

"dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)-nya, maka kembalinya adalah neraka hawiyah. dan tahukah kamu apa neraka hawiyah itu, (yaitu) api yang sangat panas"

Qs. Al-Qori'an ayat 8-11

2. Neraka Jahim
neraka ini merupakan neraka yang menggunakan bahan baku batu untuk menyiksa manusia, karena penghuni dari neraka jahim adalah golongan dari orang0orang yang sesat hidupnya selama hidup di dunia dan menyekutukan allah swt.

3. Neraka Saqor
neraka ini merupakan tempat bagi orang-orang yang hidup di dunia yang tidak mengerjakan sholat, tidak pernah dzakat, dan golongan orang-orang yang selalu menyebarkan fitnah, sebagai mana allah yang telah firmankan dalam al-qur'an tentang neraka saqor yang artinya :

"apa yang memasukan kamu ke dalam saqor (neraka)?, mereka menjawab. 'kami dahulul tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat, dan kami (pula) tidak memberikan makan orang miskin, dan kami membicaran hal yang bathil, bersama dengan rang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami yang mendustakan hari pembalasan"

Qs. Al-Musdatsir ayat : 42-46
4. Neraka Ladza
neraka ini di kenal dengan apinya yang sangat panas, dengan panas apinya dapat membuat kulit kepala manusia mengelupas, orang-orang yang menjadi penghuni dari neraka ladzah adalah orang-orang yang selalu mementingkan harta an tidak menghiraukan agama.

5. Neraka Huthama
neraka ini juga di kenal dengan dasyatnya panas apinya, yaitu dapat tembus hingga kedalam hati, seperti yang sudah di firmankan oleh allah swt dalam al-qur'an yang artinya :

"dan tahukan kamu apa huthamah itu?, (yaitu) api (yang di sediakan) oleh allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai kedalam hati"

Qs. Al-Humazah ayat : 5-7
6. Neraka Sa'ir
neraka ini merupakan tempat bagi orang-orang yang memakan anak yatim secara zalim, dan mereka akan menelan api neraka ke dalam perutnya. hal ini juga sudah di jelaskan dalam al-qur'an yang artinya :

"sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan meraka akan masuk kedalam api neraka yang menyala-nyala (neraka)"

Qs. An-Nisa' ayat : 10

7. Neraka Jahannam
neraka ini merupakan neraka yang paling kejam siksanya dan akan di tempati bagi orang-orang yang menjadi pengikut setan, sebagaiman yang telah allah firmankan dalam al-qura'an yang artinya :

"dan sesungguhnya jahannam itu benar-benar tempat yang telah di ancam kepada meraka (pengikut-pengikut setan) semuanya"

Qs. Al-Hijr ayat : 43


itulah beberapa nama neraka yang wajib untuk ada ketahui, semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan kita tentan dunia isalm dan juga dapat menjauhkan kita dari siksa api neraka, amin. terima kasih




0 Response to "Nama-nama neraka dan orang yang menghuninya"

Post a Comment