Kisah perang badar nabi muhammad saw 17 maret 624 masehi



Info Islam | Kisah Perang Badar Nabi Muhammad Saw, mungkin sebagian di antara kita beranggapan perang itu adalah sebuah pertempuran yang berawal dari sebuah konflik dari kedua pihak. di mana masing-masing pihak akan membela haknya masing-masing dan rela bertempur sampai menumpahkan darah.

Namun tidak semua perang itu terjadi karena adanya sebuah konflik panas ataupun pertikaian, tetepi perang juga dapat terjadi karena membela hal yang benar seperti yang di lakukan oleh nabi muhammad saw. setelah masuk masa kenabiannya beliau telah mengalami perang Badar yang merupakan perang pertama beliau.

Perang Badar Nabi Muhammad Saw

Kisah Perang Badar Nabi Muhammad Saw

Rosulullah saw melakukan perang karena membela pasukan islam dari kaum qurais, dan perang ini dinamakan Perang Badar, dan inilah perang petama yang di lakukan oleh kaum muslin. perang badar merupakan yang sangat penting bagi dakwah islam yang terjadi pada 17 maret 624 masehi.

Meskipun kekuatan pasukan nabi muhammad jauh lebih kecil di bandingkan dengan pasukan musuh, tapi dengan pertolongan allah swt, kaum muslimin akhirnya menang dalam menaklukan kaum kafir, ketika itu muslimin memang tidaklah dalam jumlah yang besar dan tidak melakukan persiapan khusus.

Bahkan mereka hannya memiliki dua ekor kudadan hannya memiliki 70 ekor unta yang di kendarai secara bergantian, rosulullah saw sendiri bergantian dalam mengendarai onta dengan ali bin abi mursit. Pasukan rosulullah saw sangat berbading terbalik dari pasukan kafir qurais.

Pasukan yang di pimpin langsung oleh Abu jahal ini memiliki pasukan yang banyak bahkan 10 kalilipat dari pada pasukan rosulullah saw, dengan membawa 100 kuda dan 600 prisai, jika melihat dari jumlah pasukan kaum qurais rasanya tidak mungkin pasukan rosulullah dapat mengalahkan dan memenangkan perang Badar tersebut.

Tetapi allah swt berkehendak lain, pertempuran yang kita sangka akan berlangsung dalam jangka waktu lama ternyata hannya berlangsung beberapa jam dan selesai dai lewat tengah hari, besarnya dari serbuan kaum muslimin dapat di lihat dari beberapa ayat al quran yang menyebutkan bahwa adanya ribuan malaikat yang turun dari surga pada Perang Badar untuk membinasakan kaum qurais.

Seperti pada ayat al quran yang satu ini yang berkaitan dengan Kisah Perang Badar Nabi Muhammad Saw :

"dan (ingatlah), ketika allah menjanjikan kepadamu bahwa dari satu dari dua golongan (yang kamu hadapi) adalah untukmu, sedang kamu menginginkan bahwa yang tidak mempunyai kekuatan senjatalah untukmu, dan allah menghendaki untuk membenarkan yang benar dengan ayat-ayatnya dan memusnahkan orang-orang kafir"Qs. An-Anfal ayat : 7


Itulah kisah kebesaran allah di dalam Kisah Perang Badar Nabi Muhammad Saw, semoga dengan adanya ini dapat menambah wawasan dan ilmu kita tentang dunia islam, dan dapat menambah keimanan kita kepada allah dengan melihat semua keajaiban dari Perang Badar yang terjadi pada zama rosulullah. amin. Terima Kasih.




0 Response to "Kisah perang badar nabi muhammad saw 17 maret 624 masehi"

Post a Comment