Bacaan ayat ruqyah syariah sesuai anjuran rosulullah saw



Info Islam | Bacaan Ruqyah Syariah, kata ruqyah tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, metode penyembuhan yang di lakukan dengan membacakan ayat-ayat suci al qur'an dan menyebut sifat-sifat allah atau asmaul husna kepada orang yang sedang sakit baik sakit jasmani maupun sakit roshani.

Akan tetapi masih banyak orang yang meragukan keajaiban pengobatan dengan Ruqyah Syariah, bahkan ada yang beranggapa ruqiah merupakan metode yang dapat memasukan jin kepada tubuh manusia, mereka berlandasan behwa orang yang tadinya sadar, tenang langsung berubah menjadi sosok yang meronta-ronta, marah, muntah bahakan menangis ketika mereka sedang di Ruqyah Syariah.

Ruqyah Syariah Sesuai Anjuran Rosululla saw


Untuk itu yang perlu di perbaiki dan di luruskan adalah apakah Ruqyah Syariah itu sudah sesuai dengan syariah atau justru menuju ke sebuha kesirikan, karena tidak sedikit oknum-oknum yang mengaku mengerti agama islam, mengaku sebagai ustad yang mampu meruqiah tapi itu semua hannya di jadikan gedok bahwa sesungguhnya orang tersebut adalah seorang dukun. bukanlah banyak terjadi dukun yang menyamar menjadi ustad.

Perlu untuk di ketahui bahwa Ruqyah Syariah bukan hannya bisa mengobati ganguan jin saja tetapi juga dapat mengobati beban hidup yang menghimpit, rasa sedih yang tertahankan, rasa was-was dan rasa takut yang berlebihpun bisa di lakuakn pengobatan dengan cara di Ruqyah Syariah, dan metode pengobatan ruqiah sudah ada pada zaman nabi muhammad saw tepatnya pada masa jahiliyah.

Dalam sebuah riwayat pun di jelaskan tentang Ruqyah Syariah yang artinya :

"dahulu kala kami meruqiah di masa jahiliyah, dan kami bertanya, "wahai rosulullah bagaimana pendapatmu?".  rosulullah saw bersabda "perlihatkan padaku ruqiah kalian. tidak apa-apa jika tidak mengandung kemusrikan"HR. Muslim

Metode Ruqiah Sesuai Dengan Syariah Islam


Sesungguhnya al qur'an merupakan tempat kesembuah yang sempurna dari semua penyakit hati dan semua penyakit dunia dan akhirat, Aisyah rosiallahu anhu berkata

"rosulullah masuk ke rumahku sementara kau mengobeti seorang wanita dan meruqiahnya dan beliau bersabda "obati (ruqiah) ia denga kitabullah"HR. Ibnu Hibban

Sesuai syariah dan sesuai dengan ajaran islam yaitu :

1. Bacaan Ruqyah Syariah merupakan ayat-ayat al quran dan doa atau wirid dari rosulullah saw.

2. Doa yang di bacakan jelas dan di ketahui maknanya.

3. Berkeyakinan bahwa Ruqyah Syariah tidak terpengaruh dengan sendirinya, tetapi semua kehendak allah swt.

4. Tidak meminta bantuan jin atau yang lainnya selain allah swt.

5.Tidak menggunakan benda-benda yang menimbulkan syirik.

6. Cara pengobatan harus sesuai dengan syariah, khusunya dalam penanganan pasien lawan jenis.

7. Orang melakukan ruqiah harus mempunyai kebersihan aqidah, ahlak yang terpuji dan istiqomah dalam ibadah.

8. Tidak meminta di Ruqyah Syariah kecuali di paksa

Jika terdapat Ruqyah Syariah yang tidak sesuai dengan ajaran tersebut maka hal tersebut bukanlah Ruqyah Syariah yang tidak sesuai dengan ajaran islam. sedangkan ruqiah yang di larang adalah ruqiah yang mengandung bacaan mantra-mantra, pengagungan dan penyebutan setan, atau menggunakan benda-benda tertentu yang di yakini dapat menyembuhkan. rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"sesungguhnya mantra-mantra jimat dan guna-guna adalah syirik"HR. Ahmad

Ciri-ciri Ruqyah Syirik.


1. Mengaku dapat mengobati pasien dari jarak jauh.

2. Mengaku dapat melihat jin dan setan.

3. Peruqiah menggunakan jurus-jurus pernafasan tenaga dalam.

4. Peruqiah membaca bacaan yang di campur dan tidak jelas maknanya.

5. Peruqiah menggunkana alat-alat mediator, seperti telur, dan botol.

Ruqyah Syariah itu memang di perbolehkan asalkan bacaannya menggunkana bacaan ayat-ayat suci al quran dan sesuai dengan syariat islam, serta pasien yakin bahwa hal tersebut hannyalah atas pengaruh allah dan si peruqiah hannyalah pelantara.


Demikianlah penjelasan dari kami tentang Ruqyah Syariah, semoga dapat menjadi ilmu dan pemahaman yang bermanfaat dan dapat menambah keimanan kita, amin. Terima Kasih.




0 Response to "Bacaan ayat ruqyah syariah sesuai anjuran rosulullah saw"

Post a Comment