Kebiasaan-kebiasaan yang dapat menghalangi rezeki




Info Islam | Kebiasaan-kebiasaan yang dapat menghalangi rezeki, rezeki adalah karunia allah swt yang di berikan kepada manusia dalam bentuk apapun, baik itu materi, kesehatan ataupun yang lainnya. setiap orang tentunya memiliki kadar rezeki yang berbeda-beda meskipun apa yang kita kerjakan mungkin sama, hal tersebut tergantung dengan iman, kerja keras kita dan yang tentunya yang akan menambah rezeki tersebut.

mungkin sering kali kita merasa sudah bekerja keras namu masih saja kita belum mendapatkan apa yang kita inginkan. dalam hal ini kita janganlah sekali-kali menyalahkan orang lain atau bahkan menyalahkan allah swt, karena hal ini juga bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan kita yang tidak di sadari bisa menghalangi rezeki dari allah swt.
Kebiasaan yang dapat menghalang rezeki.

1. Sering Mengeluh
seperti sifat dasar manusia yang tidak pernah puas dengan apa yang di dapat, membuat manusia sering kali mengeluarkan keluhan-keluhan yang terucap, tampa rasa syukur apa yang telah di berikan allah swt untuknya. hendaknya kita bersabar akannya karena hal tersebut merupakan cobaan dari allah kepada kita melalui harta yang kita miliki, seperti yang allah pernah jelaskan pada firmannya yang artinya :

"dan sungguh kami akan berikan cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita kepada orang-orang yang sabar."
Qs. Al-Baqarah ayat : 155

2. Materialistis
kebiasaan materialistis atau mengukur segala sesuatu dengan uang, barang atau yang lainnya ternyata juga menjadi hal yang juga dapat menghalang rezeki, dan orang-orang seperti ini biasanya memandang rendah orang lain yang tidak memiliki kekayaan. sementara itu mereka akan memperlakukan orang kaya dengan sebaik-baiknya, padahal allah swt telah menjelaskan bahwa kita hendaknya memandang orang-orang yang terdekat kita yang membutuhkan dan membantu mereka. dalam hal ini rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"lihatlah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau melihat orang yang berada di atasmu. dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat allah kepadamu"HR. BUKHARI

3. Terlalu Fokus Terhadap Kehidupan Dunia
kita seringkali di sibukan dengan urusa dunia dan membuat kita lupa menabung amalan kebaikan untuk di akhirat kelak, namun andai kita sadari bahwa hal ini juga menjadi faktor yang dapat menghalangi rezeki allah, karena bagaimana allah memberikan rezekinya untuk kita sedangkan kita lupa mengingatnya.

4. Makanan-Makanan Haram
tentu kita sudah mengetahui makanan dan minuman apa saja yang di haramkan bagi kita sebagai umat muslim, namun seringkali kita tidak pernah memperdulikannya dan mengkonsumsi makanan haram tersebut, namun ternyata tampa di sadari dengan mengkonsumsi makanan haram juga dapat menjadi faktor yang dapat menghalangi rezeki dari allah swt.

5. Riya' Dan Suka Pamer
banyak sekali di antara kita yang sering melakukan perbuatan-perbuatan yang hannya untuk menyombongkan apa yang kita punya, dengan memamerkan harta lewat sedekah, sholat, bahkan haji hannya agar di lihat orang lain. hal inilah yang menyebabkan amal ibadah kita tidak di tujukan semata-mata hannya untuk mengharap ridho allah swt.


itulah beberpa kebisaaan yang dapat menghalang rezeki kita, tentu saja kebiasaan seperti ini banyak kita jumpai di sekeliling kita atau bahkan kita sendiri sering melakukannya, untuk itu dengan adanya penjelasan ini semoga kita dapat terhindar dari kebiasaan-kebiasaan tersebut dan senantiasa bekerja keras dalam mencaro rezeki dan selalu mendekatkan diri kepada allah swt. Terima Kasih.




0 Response to "Kebiasaan-kebiasaan yang dapat menghalangi rezeki"

Post a Comment