Ciri-ciri lelaki setia dalam islam




Info Islam | Ciri-ciri lelaki setia dalam islam, setiap perempuan pasti ingin mendapatkan pendamping hidup yang setia, karena pada dasarnya setiap perempuan pasti ingin menjadi yang nomer satu dalam hati pasangannya. mendapatkan seseorng yang sesuai dengan kriteria keinginannya memang tidak mudah banyak hal yang perlu di pertimbangkan, siapa orang yang tepat untuk menemani sepanjang hidupnya. memang memilih pasangan merupakan urusan perasaan sehingga ketika menemukan seseorang di rasa cocok maka seseorang akan mengabaikan hal-hal seharusnya yang menjadi kriteria wajib. padahal kriteria ini menentukan baik tidaknya kelangsungan dalam berkeluarga kelak. agama islam mengatur seluruh aspek kehidupan, termasuk urusan jodoh. kerena Agama Islam Adalah Agama Yang Sempurna.

dalam sebuah hadist rosulullah saw pernah bersabda yang artinya :

"perempuan di nikahi karena empat faktor, kerena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan karena agamanya. maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama maka engkau akan beruntung"

HR. Bukhari

hadist di atas mengisyaratkan bagaimana memilih jodoh yang baik, meski nabi muhammad saw mendahulukan harta nasab dan kecantikan, namun pada akhir hadistnya menyatakan bahwa sebaiknya memenangkan wanita yang mempunyai agama. agama seharusnya menjadi kriteria utama dalam seseorang menentukan pasangan hidupnya.

karena orang yang baik agamanya tentunya memiliki ketakwaan dan keimanan yang tinggi, sehingga akan membawa keluarga yang akan taat kepada peraturan allah dan rosulnya, dan akan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah. allah swt pernah berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling bertakwa"

Qs. Al-hujurat ayat : 13

dengan penuh ketakwaan maka si calon jodoh akan menjaga diri dari adzab allah, segala larangan allah dan menjalankan seluruh perintah allah swt. untuk itu carilah jodoh yang taat kepada aturan agama. rosulullah saw juga pernah bersabda dalam hal ini yang artinya :

"jika datang kepad kalian seorang laki-laki yang kalian ridhoi agama dan ahlaknya, maka nikahkanlah dia. jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan besar"

HR. Tirmizi

Berikut ini adalah ciri-ciri lelaki yang setia pada pasangannya.

  • Mampu mengendalikan emosi

pada dasarnya setiap pria akan memiliki egonya sendiri yang dapat membuatnya sangat emosi, namu pria yang setia memiliki kemampuan yang lebih untuk mengontrol emosnya karena takut melukai hati dari pasangannya.
jika ia dalam keadaan emosi ia menguarkannya tetapi tidak dengan cara meledak-ledak, pria seperti ini mampu memilih kata-kata saat sedang emosi.
  • Menghormati wanita.

pria setia memiliki penghrmatan yang sangat tinggi kepada seorang wanita, ia tidak pernah menempatkan wanita di bawahnya dan ia selalu berusaha mendengarkan pendapat dari para wanita sekalipun hal tersebut sangat berbeda dari prinsipnya. hal ini mereka lakukan semata-mata untuk membuat pasangannya selalu bahagia.
  • Tidak ingkar janji

pria yang selalu menepati janjinya juga menjadi salah satu indikator bahwa ia memiliki kesetiaan kepada pasangannya, mungkin adakalanya ia tidak menepati janjinya namun hal ini karena kondisi yang sangat tidak memungkinkan. apabila hal ini terjadi maka ia akan menginformasikan hal ini bahwa ia tidak bisa menepati janjinya karena terdapat suatu hal yang amat penting.
  • Percaya diri dan bertanggung jawab.

pria setia tidak pernah ragu sedikitpun dengan pasangannya yang ia sudah pilih dan selalu bertanggung jawab denga pilihannya tersebut dengan cara membahagiakan pasangannya.
  • Jujur  dan memiliki tujua hidup

sifat jujur sanagt melekat pada para lelaki setia, sikapnya begitu apa adanya dan tidak pernah memainkan prasaan pasangannya, selain itu memiliki tujuan hidup secara jelas.

khusus untuk seorang muslimah yang ingin memilih calon pendamping ada satu kriteria yang penting untuk di perhatikan yaitu calon suami yang memiliki kemampuan untuk memberikan nafkah, karena memberikan nafkah kepada sang istri merupakan kewajiban setiap suami. dan dapat membahagiakan istri dan keluarganya dengan tidak memberikan nafkah atau makanan yang haram dan selalu memberika nafkah dan makanan yang halal.


demikianlah pemaparan dari kami, semoga apa yang sudah kami paparkan dapat memberikan pengetahuan dan dapat menambah keimanan kita, karena seseorang yang berima akan mendapatkan pendamping hidup yang beriman pula, amin. terima kasih.


0 Response to "Ciri-ciri lelaki setia dalam islam"

Post a Comment