Mitos-mitos seputar kehamilan yang sering di sekitar kehidupan masyarakat




Info Islam | Pembuktian seputar mitos kehamilan, setiap wanita pastinya sangat mendambakan kehamilan yang merupakan anugerah dari allah swt, rasa bahagiapun tak ternilai rasanya karena tak sabar menanti kelahiran sang buah hati yang masih dalam kandungan. bahkan apapun yang berhubungan dengan kehamilan pun rela di jalani, mulai menjaga kesehatan tubuh ketika hamil hingga mempersiapkan keperluan si cabang bayi. selain itu mitos-mitos masyarakan mengenai seputar kehamilan tak lupa di jalani sebagian dari para ibu yang hamil, ada yang menganggap mitos tersebut keharusan karena perintah dari orang tua, namun ada pula yang beranggapan hannyalah kepercayaan semata.

Beberapa mitos-mitos kehamilan yang sering terjadi di sekitar kehidupan kita.

1. Menjahit baju membuat bibir bayi sumbing.

orang hamil tidak boleh memotong atau menjahit baju selama kehamilan, hal ini di percaya karena anak yang di lahirkan nanti akan memiliki bibir yang sumbing, namun faktanya hal itu terjadi karena pengaruh obat-obatan yang di minum ibu saat hamil, bisa juga kerena faktor radiasi dan juga dapat terjadi karena faktor genetik.

2. Meminum susu kedelai membuat bayi menjadi putih.

ibu hamil yang mengkonsumsi susu dari sari kacang kedelai akan membuat banyi berkulit putih, namun faktanya faktor kulit putih dari bayi sendiri di pengaruhi oleh genetik dari ibunya dan bukan dari susu kedelai.

3. Minum air dingin membuat tubuh bayi besar

ibu hamil yang sering meminum air dingin dapat membuat tubuh sang bayi menjadi besar namun faktanya tubuyh bayi menjadi besar karena faktor dari sang ibu yang mengidam penyakit kencing manis, karena air es di keluarkan oleh air keringat atau air seni.

4. Ibu hamil harus membawa bangle, gunting kecil, dan bawang putih

jika membawa barang-barang tersebut sang ibi dapat terhindar dari mara bahaya dan gangguan setan, namun faktanya menurut ilmu herbal tumbuhan bangle akan menyebabkan panas apabila di oleskan pada perut ibu hamil dan juga akan menyebabkan mulas  sehingga  akan mempercepat pembukaan.

5. Ibu hamil dan suaminya di larang membunuh binatang.

jika hal ini di lakukan maka akan terjadi hal buruk sesuai dengan perbuatannya tersebut, namun faktanya yang perlu kita ingat bahwa membunuh atau menganiaya binatang merupakan perbuatan yang tidak terpuji.

nah itulah mitos-mitos yang sering terjadi pada tiap kehamilan, lalu bagaimana islam memandang hal tersebut, benarkah hal ini termasuk ke dalam hal syirik.

Percaya mitos, termasuk perbuatan syirik.

Syirik adalah menyamakan atau menyukutan allah swt dengan selain allah, secara langsung  maupun tidak langsung, baik secara nyata maupun terselubung. dan bagi mreka yang berbuat syirik maka mereka telah merendahkan allah swt dan tidak mengakui keesaannya. dan mengenai hal ini allah swt berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu, kejadian demi klejadian dalam tiga kegelapan. yang (berbuat) demikian itu adalah allah, tuhan kamu. tuhan yang mempunyai kerajaan, tidak ada tuhan (yang berhak di sembah) selain dia. maka bagaimana kamu dapat di palingkan?"

Qs. Az-Zumar ayat : 6

jadi sebagai umat muslim ada baiknya kita tidak menjadikan hal yang terjadi sesuatu menjadi apa yang telah terjadi karena ini adalah termasuk dalam perbuatan syirik.

demikianlah semoga apa yang sudah kami jelaskan dapat menjadi sumber illmu yang bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita di jauhkan dari perbuatan syirik, amin. terima kasih.






0 Response to "Mitos-mitos seputar kehamilan yang sering di sekitar kehidupan masyarakat"

Post a Comment