Fakta ilmiah larangan mencabut uban di dalam islam




Info Islam | Fakta ilmiah larangan mencabut uban di dalam islam, mendengar kata uban tentu semua sudah mengetahui tentang perubahan warna pada rambut ini, baik menjadi putih maupun menjadi warna abu-abu. permasalahan uban ini sudah menjadi permasalahan tersendiri khusunya masyarakat indonesia.

Dahulu mungkin uban hannya di ketahui muncul bagi mereka yang sudah lanjut usia saja, namu kini banyak kita temukan orang yang masih berusia muda bahkan masih anak-anak sudah beruban, karena ini di sebabkan faktor genetik seseorang tersebut atau karena asupan nutrisi dari makan yang di perolehnya.

Munculnya uban di sela-sela rambut kita adalah bukti fase kehidupan yang sudah di lewati manusia, dalam hal ini juga sudah di jelaskan dalam frman allah swt yang artinya :

"Allah, dialah yang menciptakan kamu dari keadaan yang lemah, kemudian dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. dia menciptakan apa yang di kehendakinya dan dialah yang maha pengetahui dan maha kuasa"
Qs. Ar-Rumm ayat : 54

Untuk itu islam menganjurkan umatnya tidak mencabut rambut putih ini, melalui rosulullah saw islam menegaskan bahwa uban merupakan tanda keimanan seseorang muslim, sebagaimana sabda rosulullah saw yang artinya :

"uban adalah cahaya bagi seorang mukmin, tidaklah seseorang beruban walaupun sehelai dalam islam melainkan setiap ubannya akan di hitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan derajatnya"
HR. Al-Baihaqi

hal ini juga di perkuat dengan hadist lain yang menyatakan bahwa yang artinya :

"janganlah mencabut uban, tidaklah seorang muslim yang memiliki sehelai uban, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti"
HR. Abu Dawud

Bahaya mencabut uban bagi kesehatan

Munculnya uban tentu membuat orang risih dan tidak nyaman sehingga banyak orang yang menyiasatinya dengan mewarnai rambutnya dengan menggunkan warna lain atau bahkan mencabutnya. hal ini di lakukan agar terlihat tampak muda dan lain sebaginya.

Namun ternyata larangan mencabut uban bukan hannya persoalan keiman belaka karena mencabut uban juga di larang dalam dunia medis, pada dasarnya perubahan rambut dari hitam menjadi abu-abu dan kemudian memutih ternyata menjadi pertanda sebagai kesehatan yang baik, para peneliti telah melakukan penelitian perihal tentang berbahaya mencabut uban dari hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki uban justru panjang umur dan sehat.

Pada dasarnya uban muncul karena berkurangnya kadar melanin dalam tubuh, karena melani merupakan faktor utama dari warna rambut seseorang. jika terlalu banyak melani maka akan membuat rambut semaki gelap dan jika melanin berkuran ini bertanda bahwa tubuh dalam keadaan sehat.

Jika tehnologi modern baru menemukannya baru-baru ini, tetapi agama islam sudah terlebih dulu melarang umatnya untuk tidak mencabut rambutnya lebih dari 1400 tahun yang lalu, hal ini menambah bukti kebenaran al-qur'an dan segala firman allah di dalamnya. dimana tidak ada sesuatu yang di dalang jika di dalamnya tidak ada mudorotnya atau kejelekannya.


Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan, wawasan dan keiman kita sebagi umat muslim, amin. Terima Kasih





0 Response to "Fakta ilmiah larangan mencabut uban di dalam islam"

Post a Comment