Kalimat yang tidak boleh di ucapkan ketika istri menangis




Info Islam |  wanita merupakan mahluk yang sangat di muliakan dan mempunyai kedudukan tinggi di sisi allah swt dan rosulnya, sampai-sampai hal-hal yang besar dalam agama islam pasti kita akan di kaitkan dengan wanita, sehingga kita harus memuliakan istri kita. wanita senantiasa lebih mendahulukan perasaan di bandingkan dengan fikirannya sehingga tak jarang dia akan mudah menangis dan mengalami kondisi emosional yang tidak terduga, tak jarang para suami sering kebingungan ketika melihat sang istri menangis, lalu apa kalimat-kalimat yang sebaiknya jangan di ucapkan oleh suami saat istri menangis.

Berikut ini adalah beberapa perkataan yang tidak seharusnya di lontarkan kepada wanita ketika dia sedang menangis.

1. "sudahlah lupakan saja"

wanita tidak seharusnya di beri tau kapan mereka harus melupakan kesedihannya, setiap orang mengatasi kesedihan dan dukanya dengan cara yang berbeda, ada yang dapat dengan cepat melupakan masalah, dan ada juga yang baru bisa melupakannya setelah bermingu-minggu. lama atau cepat rasa sedih itupun akan berangsur-angsur hilang, jika sang lelaki mengatakan "sudahlah lupakan saja" itu hannya akan membuat mereka tambah kesal dan justru rasa sedihnya itu sulit hilang.

2. "masalahnya tidak seburuk itu"

wanita menangis karena ada hal yang sangat buruk menimpanya pada saat itu, meskipun menurut sang lelaki masalah itu sangat sepele. tetapi jika wanita sudah menangis pasti kejadian itu sangatlah buruk dan tidak menyenangkan, jika lelaki mengatakan "masalahnya tidak seburuk itu" maka akan terkesan seperti meremehkan, padahal mungkin hal itu adalah hal yang sangat amat penting baginya.

3. "tolong jangan menangis"

melarang wanita menangis jika dia merasa sangat sedih, itu juga harus di hindari karena terkesan sang wanita itu tidak setabil dan tangisannya itu sanagt mengganggu, meminta wanita berhenti menangis justru akan membuatnya akan semakin berlinang air mata, cara terbaik menghadapi wanita menangis adalah dengan membiarkannya hingga dia berhenti dan mendengarkan curhatannya.

4. "reaksi kamu terlalu berlebihan (lebay)"

kata ini bukan kata yang tepat jika di ungkapkan kepada istri yang sedang menangis , di dalam fikiran wanita ia tidak merasa apa yang dia lakukan berlebihan terhadap suatu apapun. jika ia sampai menangis ia merasa mempunyai hal yang sangat menyedihkan baginya, menyatakan reaksinya terlalu berlebihan akan membuat mereka merasa bermasakah dengan kondisi mental.

nah itulah beberapa hal yang tidak patut di ucapkan jika istri sedang sedih atau menangis, untuk para suami berikut ada beberapa cara yang dapat di lakukan jika menghadapi istri yang sedih dan menangis untuk menstabilkan prasaan sedihnya.

1. mau mendengarkannya

istri perlu mengungkapkan perasaan dan uneg-unegnya, suami perlu menjaga empatinya kepada istri selama proses curhatnya.

2. berhenti dari aktivitasnya yang meluangkan waktu

ketika istri sedih hampirilah, sang suami hendaknya meninggalkan aktivits dan menyiapkan bahu untuk istri bersandar, justru ketika istri bersedi sang istri ingin sang suami menunjukan bahwa suami mencintai dirinya bahwa suami membutuhkan sang istri dan ingin sang istri tetap berad di sampingnya. karena pelukan sang suami kepada seorang istri akan meredakan kesedihannya.

3. mau meminta maaf dan merasa menyesal.

ini bukan masalah siapa yang salah, meminta maaf atau menyatakan merasa menyesal bukan membuktikan suami benar bersalah melainkan menunjukan suami berlapang hati, dengan meminta maaf suami menunjukan keperduliannya kepada sang istri dan merasa menyesal telah membuat istri merasa bersedih dan terluka.

dan itulah penjelasan mengenai kata-kata yang tak patut di katakan ketika istri sedang menangis, dan juga cara para suami menghadapi istri yang sedang menangis, sudah sepantasnya seorang untuk memuliakan istri, memberikan rasa tenang dan kesenangan sudah menjadi kewajiban seorang suami. dalam hal ini nabi muhammad saw pernah bersabda yang artinya :

"mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik ahlaknya, dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik ahlaknya terhadap istrinya"

HR. Tirmizi


nah demikianlah para pembaca, semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia islam yang lebih luas lagi, amin. teriam kasih.





0 Response to "Kalimat yang tidak boleh di ucapkan ketika istri menangis"

Post a Comment