Ladang pahala bagi istri pada malam jum'at menurut islam




Info islam | sebagai seorang istri pastinya sudah mengetahui apa kewajiban yang wajib di lakukan oleh seorang istri kepada sang suami tercinta, karena setelah menikah ridho suami merupakan hal yang sangat penting sehingga kita harus bisa memenuhi segala sesuatu kebutuhan suami sebagai pengabdian seorang istri kepada sang suami tercinta sebagai imam keluarga. maka dari itu sudah sepatutnya bagi seorang istri mengetahui beberapa hal yang dapat di lakukan kepada sang suami pada malam jum'at yang tentunya akan yang tentunya akan menjadi ladang pahala begi seorang istri.

Hal yang dapat di lakukan seorang istri pada malam jum'at untuk mendapatkan pahala

1. mengajak suami membaca surat al-khafi

sebagai seorang istri sudah sepatutnya saling mengingatkan untuk meneladani sunnah rosulullah dan melakukan segala perintahnya, maka dari itu ajaklah suami dan keluarga dalam menuju kebaikan. seperti misalnya meluangkan waktu untuk membaca surat al-khafi bersama suami pada malam jum'at agar keutamaannya menjadi berlipat. dan dalam hal ini juga di jelaskan pada sebuah hadist yang di sabdakan oleh rosulullah yang artinya :

"barang siapa membaca surat al-khafi pada hari jum'at, dia akan di sinari cahaya di antara dua jum'at"

HR. An-Nasa'i

2. melayani suami dengan kasih sayang

tentu sudah menjadi kewajiban seorang istri di dalam memberikan kasih sayang yang penuh terhadap seorang suami karena seorang suami adalah imam pada sebuah keluarga yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap seluruh anggota keluarga di dalamnya, maka dari itu allah swt telah memberikan keutaman bagi seorang suami yang lebih besar dari sang istri karena seorang laki-laki  yang berkewajiban memberi nafkah kepada istrinya. bahkan di katakan pada sebuah hadist ciri wanita penghuni syurga adalah yang penuh kasih sayang dan selalu setia kepada suami, berikut rosulullah saw bersabda yang artinya :

"wanita-wanita kalian yang menjadi penghuni syurga adalah yang penuh kasih sayang, banyak anak, dan banyak kembali (setia) kepada suaminya yang apabila suaminya marah, ia mendatanginya dan meletakkan tangannya di atas tangan suaminya dan berkata, aku tidak dapat tidur nyenyak hingga engkau ridha"

HR. Bukhari

3. mengajak suami membaca solawat.

jika seorang istri membaca sholawat  untuk dirinya sendiri maka ia hannya mendapatkan keutamaan bagi dirnya sendiri, tetapi jika sorang istri mengajak sang suami membaca sholawat tentu seorang istri dapat mengamalkan sunnah rosul bersama sehingga dapat menambah pahala. karena sesungguhnya keutamaan dari membaca sholawat telah diterangkan dalam sunnah rosulullah saw dimana jika kita membaca sholawat sekali, maka allah swt akan bersholawat sepuluh kali. di mana pada sebuah hadist rosulullah pernah bersabda yang artinya :

"barangsiapa bersholawat kepadaku sekali, maka allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali."

HR. Muslim

4. membangunkan suami untuk sholat tahajjud

karena sesungguhnya sholat tahajjud mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa untuk di lakuka, apalagi seorang istri mengajak sang suami untuk melakukan amalan yang satu ini, selain itu sholat tahajjud merupakan perintah langsung dari allah swt untuk para hambanya. sebagaimana yang sudah allah swt firmankan dalam al-qur'an yang artinya :

"dan pada sebagian malam hari sholat tahajjudlah kamu"

Qs. Al-Isra' ayat : 79

itulah beberapa hal yang dapat di lakukan oleh apara istri pada malam hari jum'at yang dapat menjadi ladang pahala bagi istri, sebagai seorang istri mentaati suami itu sudah menjadi kewajiban yang harus di lakukan oleh seorang istri, untuk itu jagalah kebaikan keluarga yang berpegang teguh pada al-qur'an dan sunnah rosul.


semoga penjelasan kali ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan sumber pengetahuan bagi kita semua tentang keutamaan hari jum'at bagi seorang istri kepada seorang suami. terima kasih.




0 Response to " Ladang pahala bagi istri pada malam jum'at menurut islam"

Post a Comment