Batas usia menikah usia jomblo dalam islam




Info Islam | Batas usia menikah usia jomblo dalam islam, seperti yang kita ketahui menikah merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat muslim untuk memenuhi kebutuhan baik lahiriah maupun kebutuhan batiniah di negara kita sendiri yaitu indonesia menikah merupakan sebuah kewajiban yang di lakukan oleh setiap orang hampir setiap minggunya terdapat orang yang menikah, dalam hal ini mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya berapa usia ideal menikah dalam islam.

di indonesia sendiri batas usia menikah sudah di tentukan oleh undang-undang perkawinan, pada undang-undang perkawinan, usia minum perempuan untuk menikah adalah 16 tahun, sedangkan untuk laki-laki adalah 18 tahun. namun menurut badan organisasi keluargan berencana nasional usia minimum perempuan yang baik untuk menikah adalah berusia 20 tahun karena pada usia tersebut sudah kesehatan reproduksi wanita untuk menjadi seorang ibu lebih baik dimulai usia 20 tahun.

sedangkan untuk laki-laki usia minimum menikah menurut Badaorganisasi keluarga berencana adalah berusia 25 tahun karena pria di sarankan lebih tua dari sang wanita karena laki-lakli akan menjadi pemimpin dan orang yang bertanggung jawab dalam keluarga kecilnya. batas usia ideal ini dapat mengurangi terjadinya perceraian pada pasangan menikah, selain itu BKBN mewanti-wanti agar anak indonesia tidak menikah di usia muda. di mana usia muda ini berarti usia yang belum matang secara medis dan psikologinya. walau begitu pernikahan bukan hannya di dasari oleh usia saja namun membutuhkan banyak pertimbangan, lalu bagaimana usia minimal menikah dalam islam?

pada dasarnya hukum islam tidak mengatur secara  mutlak tentang batas umur perkawinan seseorang, tidak ada ketentuan agama tentang batas minimum dan maksimum untuk melangsungkan perkawinan. di asumsikan kelonggaran bagi manusia untuk mengaturnya sendiri . karenanya ayat al-qur'an telah mengisaratkan bahwa orang yang akan melangsungkan perkawinan haruslah orang yang siap dan mampu, seperti pada sebuah hadist yang rosulullah sabdakan yang artinya :

"wahai para pemuda barang siapa di antara kamu yang mampu berumah tangga, maka kawinlah, kerena kawin dapat melumpuhkan pandangan dan memelihara kemaluan, dan barang siap belum mampu maka hendaklah berpuasa maka sesungguhnya yang demikian itu dapat mengendalikan hawa nafsu"

HR. Bukhari

secara tidak langsung hadist di atas menjelaskan bahwa kedewasaan sangat penting dalam sebuah perkawinan. Subhanallah sungguh islam adalah agama yang paling sempurna yang mengatur semua aspik kehidupana.


demikianlah pemaparan kami, semoga apa yang sudah kami paparkan di atas dapat menjadi sumber informasi yang dapat bermanfaat bagi kita semua, dan dapat menambah wawasan kita tentang dunia islam, amin. terima kasih.




0 Response to "Batas usia menikah usia jomblo dalam islam"

Post a Comment