Para nabi dan para wali allah itu sejatinya masih hidup




Info Islam
 | allah berfirman dalam al-qur'an tentang Wali allah yang masih hidup yang artinya :

"dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang terbunuh di jalan allah (mereka) telah mati. sebenarnya (mereka) masih hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya"
Qs. AlBaqarah ayat 154

Imam Ibnu kafir dalam menjelasakan penjelasan firman allah di atas mengatakan bahwa para Wali allah yang masih hidup berda di alam barzah, dan mereka masih terus memperoleh riskinya. selain dari ayat tersebut keterangan tentang hidupnya para syuhada' ini juga di tegaskan lagi oleh allah dalam firmannya yang artinya :

"janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan allah itu mati. bahwa mereka itu hidup di sisi rab-nya dengan mendapat rezeki."

Qs. Ali Imran ayat : 169

maksud dari surat di atas di jelaskan secara detail oleh rosulullah saw dalam sabdanya yang artinya :

"sesungguhnya ruh-ruh para syuhada' itu ada di dalam tembolok burung hijau, baginya ada lentera-lentera yang tergantung di arsy. mereka bebas menikmati surga sekehendak mereka, kemudian singgah pada lentera-lentera itu. kemudian rabb mereka memperlihatkan diri kepada mereka dengan jelas, lalu bertanya : "apakah kalian menginginkan sesuatu?", mereka menjawab : "apalagi yang kami inginkan sedangkan kami bisa menikmati surga dengan sekehendak kami?". rabb mereka bertanya seperti itu sebanyak tiga kali, maka takala mereka merasa bawasannya mereka harus meminta sesuatu, mereka berkata : "wahai rabb kami, kami ingin ruh kami di kembalikan ke jasad-jasad kami, sehingga kami dapat berperang di jalanmu sekali lagi". "maka takala dia melihat bahwasannya mereka tidak mempunyai keinginan lagi , mereka di tinggalkan."

HR. Muslim

Wali allah yang masih hidup


jika hal ini terjadi kepada orang-orang syuhada' dan orang-orang yang beriman, tentunya para nabi dan rosul kondisinya lebih baik lagi karena mereka adalah manusia-manusia pilihan dan derajatnya lebih tinggi dari orang mu'min biasa, dalam hal ini allah swt berfirman yang artinya :

"maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang di beri nikmat oleh allah, yaitu para nabi, para pecinta kebenaran, orang-orang yang mati syahi, dan orang-orang sholeh, mereeka itulah teman yang sebaik-baiknya"

Qs. An-Nisa' ayat : 69

para nabi dan demikian pula orang-orang yang mati syahid, mereka hidup di dalam alam barzah. mereka mengetahui apa yang di kehendaki allah untuk mereka ketahui, yang terkait dengan keadaan-keadaan alam ini . al-qur'an telah menegaskan tentang adanya orang-orang yang mati syahid mereka. keterangan ini juga di perkuat dan di perjelasa oleh hadist-hadist nabi muhammad saw, di antaranya adalah ketika beliau isra' mi'raj, beliau bertemu dengan para nabi dan di antaranya adalah nabi Musa As, yang seperti dalam sabda beliau yang artinya :

"pada malam saat aku mengalami isra', aku menemui Musa yang sedang berdiri di atas kuburnya di bukit pasir merah"

HR. Muslim

nah, para pembaca beriman. itulah penjelasan mengenai keadaan para nabi dan syuhada' di alam barzah yang bersumber dari al-qur'an dan hadist, semoga penjelsan kali ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat, amin. terima kasih.







0 Response to "Para nabi dan para wali allah itu sejatinya masih hidup"

Post a Comment