Adzab dan balasan bagi anak yang durhaka kepada orang tua




Info Islam | Adzab Anak Durhaka, pernahkah kita membuat orang tua kita kecewa dan marah, berbuat angkuh terhadap mereka, perkataan yang memaki, menatap mereka dengan mata yang tajam, sedikit keras dan mengabaikan mereka, bahkan kita membuat mereka menangis sedih karena ulah kita. sesungguhnya perbuatan-perbuatan seperti ini di dalam al-qur'an dan hadist sangat jelas termasuk perbuatan yang durhaka terhadap orang tua dan termasuk dosa besar.

Orang tua kita merupakan mahluk mulia yang wajib kita hormati sebagai anaknya, namun tidak sedikit saat ini kita jumpai Anak Durhaka kepada orang tuanya, contohnya adalah banyak anak-anak yang meninggalkan orang tuanya untuk di titipkan di panti jompo. hal ini menunjukan tidak mengertinya seorang anak akan harga kedua orang tua mereka tidak ternilai.

Dan mereka tega menitipkan harta yang tidak ternilai harganya di sebuah tempat yang jauh darinya dan dari keluarganya, padahal di waktu kecil meskipun orang tua hidup dalam kemiskinan tidak perna menitipkan anak di panti asuhan, apakah ini balasan kita sebagai anak untuk orang tua kita. padahal allah sangat membenci Anak Durhaka dan tidak menghargai orang tuanya dan allah akan memberikan Adzab kepada anak yang durhaka.

Bahkan allah menjanjikan pembalasan yang lebih pedih, bukan hannya di akhirat saja tetapi allah akan mesegerakan balasan baginya saat hidup di dunia, berikut beberapa balasan dari allah kepada anak yang durhaka kepada orang tuanya.
Rosulullah pernah bersabda yang artinya :

"dosa yang paling besar adalah menyekutukan allah dan durhaka kepada orang tua"HR. Muslim

Balasan bagi anak yang durhaka

1. Haram masuk surga

"tidak masuk surga anak yang durhaka, peminum khamar (minuman keras), dan mendustakan qodar"HR. Ahmad

2. Di murkai allah swt

"keridhoan allah tergantung dari keridhoan orang tua dan murka allah tergantung dari murka orang tua"HR. Al-Hakim

3. Mendapatkan kerugian besar

"sungguh terhina, sungguh terhina, sungguh terhina seorang yang mendapati kedua orang tuanya yang masih hidup atau salah satu dari keduanya ketika mereka telah tua, namun justru tidak masuk surga"HR. Muslim

4. Di segerakan adzabnya di dunia

"ada dua pintu (amalan) yang di segerakan balasannya di dunia, kedzholiman dan durhaka (pada orang tua)"HR. Al-Hakim

5. Doa jelek orang tua kepada anak yang durhaka akan di kabulkan

"ada tiga jenis doa yang msutajab (terkabul), tidak di ragukan lagi, yaitu doa orang yang didzholimi, doa orang yang bepergian dan doa orang tua kepada anaknya yang durhaka"HR. Abu Dawud

Nah, itulah beberapa balasan bagi Anak Durhaka Kepada Orang Tuanya, semoga dengan adanya informasi ini kita dapat intropreksi diri agar tidak menjadi anak yang durrhaka kepada orang tua kita, amin. sebagai umat muslim ada baiknya jika kita membagikan atau SHARE informasi ini ke media sosial kita agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Terima Kasih.






0 Response to "Adzab dan balasan bagi anak yang durhaka kepada orang tua"

Post a Comment