Manfaat makan pedas bagi tubuh




Info Islam | Manfaat makan pedas bagi tubuh, makan bercitarasa pedas sepertinya semua masyarakat di indoensia menyukai rasa makanan yang satu ini, karena pada kenytaannya makanan pedas dapat menambah cita rasa masakan dan dapat menambah nafsu makan seseorang menjadi lebih berselera.
Namun tidak sedikit juga orang yang tidak suka dengan makanan pedas, dengan alasan bila perutnya terasa sakit ataupun telah mempunyai penyakit yang telah di anjurkan untuk tidak memakan makanan pedas, tetapi di balik itu semua ternyata mengkonsumsi makanan pedas juga memiliki manfaatnya tersendiri bagi tubuh.

Manfaat Makanan pedas.


1. Melancarkan pernafasan dan menghilangkan gejala flu
siap yang menyangka bahwa mengkonsumsi makanan pedas justru memiliki banyak manfaat bagi seseorang yang mengkonsumsinya, karena pada kenyataannya makanan pedas bertindak seperti ekspestoran yang dapat membantu seseorang yang mempunyai penyakit asma dan penyakit pernafaasan lainnya, menjadi bisa bernafas lebih baik dari sebelumnya.

Bahka juga di katakan bahwa seyawa capsaicin juga dapat membantu peningkatan pengeluaran keringat yang menggangu, karena pada dasarnya makanan pedas dapat memperlancar jalannya nafas dan gejala flu lainnya.

2. Menjaga mood
ternyata dengan mengkonsumsi makanan pedas juga dapat menjaga mood seseorang untuk mengkonsumsinya, dan hal tersebut bisa terjadi karena cabai merah dapat meningkatkan kadar endorfin dan serotonin yang mampu menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. bahkan dapat di katakan hormon tersebut bisa berlaku sebagai pelawan stres dan depresi.

3. Anti Kanker
dalam hal ini banyak penelitian yang menunjukan bahwa mengkonsumsi cabai secara teratur justru dapat mengurangi resiko kanker, dalam hal ini terjadi karena adanya senyawa capsaicin yang terkandung di dalam cabai yang dapat membunuh sel kanker dengan menyerang mitokondria atau merusak sel-sel yang sehat serta dapat meringankan rasa sakit di mulut bagi penderita kanker.

4. Memperbaiki Fungsi Pencernaan
mungkin belum banyak orang yang tau dengan manfaat makan pedas yang satu ini, karena ternyata manfaat cabai di dalam saluran pencernaan adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan bungkus, hal terjadi di karenakan adanya senyawa capsaicin yang juga dapat membantu membunuh bakteri yang dapat menyebabkan penyakit mag. akan tetapi jika seseorang mengalami rasa panas pada perut setelah mengkonsumsi makanan pedas segera mengkonsumsi tablet antiasit yang dapat menetralkan asam lambung.

5. Menyehatkan Jantung
di mana hal ini terjadi karena cabai dapat menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah, selain itu penelitian juga menunjukan kadar kolesterol jahat LDL bisa mencegak oksidasi yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembulu darah.

6. Menurunkan Berat Badan
manfaat yang satu ini justru di senangi oleh para orang yang memiliki berat badan lebih, dan hal ini dapat terjadi karena cabai mengandung senyawa capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan daat membantu tubuh untuk membakar kalori lebih cepat.

Nah, itulah beberapa manfaat dalam mengkonsumsi makanan pedas bagi tubuh kita, namun yang harus kita ingat walaupun mengkonsumsi makanan bercita rasa pedas dapat bermanfaat bagi kesehatan tetapi juga bisa sebaliknya, karena untuk beberapa orang pentakit mag mengkonsumsi makanan pedas justru menjadi musuh.

Maka sebaiknya bagi penderita penyakit yang satu ini tidak mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan karena di dalam agama islam tidak di anjurkan untuk berlebih lebihan, hal yang berlebih-lebihan itu juga tidak baik bagi tubuh kita, sebaimana yang telah allah peringatkan kepada hambanya yang di jelaskan pada sebuah ayat yang artinya :

"makan dan minumlah kalian, dan janganlah berlebih-lebihan. sesungguhnya llah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan"
Qs. Al-A'raaf ayat : 31

Demikianlah pemaparan dari kami mengenai manfaat dari mengkonsumsi makanan pedas bagi tubuh, semoga dengan penjelasan ini dapat menambha pengetahuan untuk kita semua terhadap hal-hal penting yang dapat bermanfaat bagi tubuh, Terima Kasih.




0 Response to "Manfaat makan pedas bagi tubuh"

Post a Comment