anjuran islam larangan keluar saat Maghrib menurut rosulullah



Info Islam - anjuran islam larangan keluar saat Maghrib menurut rosulullah , para pembaca setia maghrib merupakan untuk menjalankan sholat tiga roka'at. saat memasuki waktu maghrib para orang tua biasanya menyuruh anak-anaknya untuk masuk ke dalam rumah dan juga langsung menghentikan segala aktivitas yang terjadi di luar rumah, lambat laut larangan ini menjadi kebiasaan yang di percayai oleh masyarakat indonesia. bagi masyarakat indonesia istilah larangan ini di kenal dengan nama Famalid yang di sangkut pautkan dengan larangan yang berlaku di dalam masyarakat. benarkah dalam islam tidaka boleh keluar saat senja atau maghrib dan mengapa hal tersebut di larang?. berikut penjelasan lengkapnya.


memang benar bahwa terdapat larangan keluar saat Maghrib, maghrib merupakan permulaan waktu dalam al-qur'an, di dalam Al-qur'an sendiri kata maghrib berkaitan dengan tempat yang artinya barang atau pada bahasa arab di sebut Gharabi yang artinya terbenam, jadi maghrib di artikan sebagai berang yang sebagai tempat terbenamnya matahari, hal ini di jelaskan oleh allah swt di dalam al-qur'an yang artinya :

"dan kepunyaan allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kau menghadap di situlah wajah allah. sesungguhnya allah maha luas (rahmat-nya) lagi maha mengetahui"
Al-qur'an surat al-baqoroh ayat 115

Alasan di larang keluar di waktu maghrib

ternyata banyak alasan mengapa keluar di waktu maghrib tidak di perbolehkan alasan tersebut ialah.

1. di waktu maghrib banyak setan berkeliaran
terdapat banyak misteri yang berkaitan dengan waktu mahrib, misteri dari waktu maghrib ini bersumber dari hadist rosulullah saw, dalam sabdanya yang artinya :

"ketika malam turu, dekatkanlah anak-anak kalian kepada-mu, karena waktu itu syaitan berkeliaran, sejam lagi kalian bisa melepaskan mereka dan tutuplah pintu-pintu rumahmu dan sebutlah nama allah, padamkan lampu dan sebutkan nama allah. dan tutuplah minumanmu dan sebutlah nama allah, tutuplah bejanamu dan sebutlah nama allah, sekalipun hannya meletakkan sesuatu di atasnya."
hadist riwayat bukhari

selain karena banyaknya setan yang berkeliaran di waktu maghrib alsan lainya inyalah pada saat maghrib setan dapat masuk ke rumah kita, golongan setan yang masuk kerumah kita melalui celah pintu yang terbuka setan  akan menumpang  menginap bahkan mereka juga bisa ikut mencicipi makanan yang ada di dalam rumah kita, oleh karena itu rosulullah mengingatkan kita melalui sabdanya yang artinya :

"apabila seorang itu memasuki rumahnya dengan mengingat allah(dengan membaca bismillah) ketika ingin memasukinya dan ingin makan, maka setan akan berkata pada golongannya "kalian tidak akan memiliki tempat untuk bermalam dan tidak juga makanan malam. sebaliknya apabila seseorang itu memasuki rumah tidak mengingat allah ketika memasukinya , saytan berkata pada golongannya "kalian telah mendapat tempat bermalam".
hadist riwayat muslim

larangan keluar saat Maghrib menuru perintah rosulullah sebaiknya untuk menutup makanan dan minuman tujuannya ialah untuk kebaikan umat muslim , karena makanan dan minuman yang terbukan akan mudah di masuki berbagai organisme yang dapat mencemarkan makanan yang akan kita konsumsi. karena kita tau bahwa virus dan bakteri memiliki banyak cara untuk masuk kedalam tubuh kita, antara lain lewat udara. selain itu perintah rosulullah untuk menutup pintu tak lain agar kita untuk melindungi kita dari goda'an yang terkutuk, karena setan berkeliaran di waktu maghrib dan kita tidak bisa melihatnya.

2. maghrib merupakan waktu tukang sihir melakukan kejahatan
alasan lain adanya larangan keluar rumah saat maghrib ialah karena di waktu maghrib merupakan waktu para penyihir melakukan kejahatan ketika datangnya maghrib yang merupakan tanda awalnya malam allah menyuruh kita untuk berlidung dari kejahatan malam, kejahatan malam yang di maksudkan ialah kejahatan yang di lakukan oleh tukang sihir. allah swt berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"katakanlah wahai muhammad." aku berlindung kepada allah yang menguasai subuh, dari kejahatan mahluk-mahluknya , dan dari kejahatan malam apabila gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita sihir yang menghembuskan buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki."
Al-qur'an surat al-falaq ayat 1-5

oleh karena itu kita harus berhati-hati saat maghirb menjelang, perisai yang paling baik melindungi kita adalah megikuti petunjuk rosulullah saw , rosulullah mengajarkan kita untuk membaca bisimilah dalam setiap perbuatan salah satunya adalah saat kita memasuki kamar mandi karena doa yang mengingat allah akan membuat setan terhalang untuk mengganggu kita, dan rosulullah menganjurkan akan membaca surat al-falaq sebelum tidur agar terhindar dari segala kejahatan sihir yang mengancam kita.

3. malam merupakan waktu untuk beristirahat
ketika sudah datang waktu maghrib tidak ada salahnya apabla menghentikan aktivitas kita sejenak untuk melaksanakan sholat maghrib , selain itu allah swt telah menjadikan waktu malam utnuk beristirahat dan dan waktu siang kita manfaatkan untuk mencari karunia allah dan rezeki allah, allah swt berfirman dalam al-qur'an yang artinya :

"dan kami telah menjadikan tidurmu untuk istirahat, dan kami telah jadikan (dengan gelapnya) sebagai pakaian (yang melindungi), dan kami telah kami telah menjadikan siang (dengan cahaya yang terang) sebagai masa untuk mencari rezeki."
Al-qur'an surat an-naba 9-11

demikianlah penjelasan dari kami mengenai larangan keluar saat Maghrib, semoga apa yang sudah kami paparkan di atas dapan menjadi sumber ilmu dan dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia islam, amin allahummah amin. terima kasih



Berita Terbaru


0 Response to "anjuran islam larangan keluar saat Maghrib menurut rosulullah"

Post a Comment