Batasan aurat yang boleh diperlihatkan aurat kepada sesama jenis




Info Islam | seorang wanita terkadang kurang hati-hati ketika berhadapan dengan sesama wanita, ada wanita yang berhijab membuka hijabnya di depan teman wanitanya, ada juga wanita yang memakai baju mini atau mengganti pakaian di depan teman wanita. sikap ini sering muncul karena ketidak tauan mereka sebatas mana seorang wanita boleh memperlihatkan auratnya di hadapan sesama wanita. padahal rosulullah dalam hal ini juga pernah berfirman yang artinya :

"seorang laki-laki tidak boleh melihat aurat seorang laki-laki yang lain, dan seorang wanita tidak boleh melihat aurat wanita yang lain, tidak boleh pula seorang laki-laki berkumpul kain antara laki-laki yang lain sehingga kulit mereka saling bersentuhan, demikian pula seorang wanita tidak boleh berkumpul dengan wanita lain dalam satu kain"

HR. Muslim

Batas-batas aurat yang di perlihatkan ke sesama jenis

  • Aurat para lelaki.

terjadi beberapa perbedaan bagi para ulama dengan batasan aurat sesama lelaki baik dengan kerabat atau dengan orang lain. menurut para ulama yang menyatakan bahwa aurat laki-laki adalah antara pusar sampai lutut .
  • Aurat para wanita.

dalam hal ini juga terdapat perbedaan pendapat dari kalangan ulama dengan aurat wanita yang wajib di tutu jika berada di depan wanita lain. ada dua pendapat tentang aurat pada wanita ini, yang pertama mengatakan bahwa aurat wanita di depan wanita lainnya seperti uarat para lelaki yaitu dari bawah pusar sampai lutut, pendapat yang kedua mengatakan bahwa wanita hannya boleh melihatkan begian tubuh yeng menjadi tempat perhiasan.

namun terjadi perbedaan pendapat mengenai siapa wanita yang di perbolehkan melihat aurat sesama jenisnya . namun mayoritas ulama berpendapat bahwa ada wanita sesama muslimah yang di perkenankan memperlihatkan aurat wanita muslimah lainnya, dan tidak memperbolehkan wanita non muslim.


nah para pembaca beriman, islam sangat menganjurkan untuk kita menjaga aurat kita dengan baik. kerana islam merupakan agama yang paling sempurna. semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia islam dan dapat mempertebal iman kita, amin. terima kasih.




0 Response to "Batasan aurat yang boleh diperlihatkan aurat kepada sesama jenis"

Post a Comment